Wali Kota P. Siantar Hadiri Layanan Terpadu SERAMBI Kantor Perwakilan Bank Indonesia

  • Bagikan

Pematangsiantar (Berita): Wali Kota Pematangsianțar dr Susanti Dewayani SpA menjadi penukar pertama uang pecahan baru di Layanan Penukaran Terpadu Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri (SERAMBI) Tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Adam Malik Pematangsianțar, Selasa (26/03/02024). Layanan Terpadu SERAMBI yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar bersama sejumlah perbankan, pada 26 Maret-05 April 2024 pukul 09.00-12.00 WIB.

dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan SERAMBI dengan tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkat” tersebut diselenggarakan oleh BI untuk penukaran uang Rupiah terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengharapkan masyarakat dapat belanja bijak sesuai kebutuhan dan membeli produk dalam negeri, serta tak lupa menabung.

dr Susanti juga menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar bersama Forkopimda serta BI dan perbankan telah mampu menekan laju inflasi hingga di angka terendah.

“Masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan stok kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri. Kami terjun langsung untuk memastikan ketersediaan. Jangan panik,

pasokan aman hingga sesudah Idul Fitri,” terang dr Susanti.

Lebih lanjut dr Susanti mengakui, kerja sama, sinergi, dan kolaborasi antara Pemko Pematangsiantar dengan BI selama ini sudah cukup bagus. Sehingga dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada BI, perbankan, dan Forkopimda tang telah mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat Kota Pematangsiantar.

Sebelumnya, Kepala KPw BI Pematangsiantar Muqorobin mengucapkan syukur karena pihaknya yang kali pertama memanfaatkan Lapangan Adam Malik setelah selesai direvitalisasi.

SERAMBI, lanjutnya, termasuk rangkaian kegiatan Ramadhan Fair bersama Pemko Pematangsianțar di Lapangan Pariwisata. Untuk kegiatan SERAMBI, lanjutnya, selain BI ada lima bank lainnya yang berpartisipasi, yaitu Bank Sumut, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Kelima bank ini memiliki armada kas keliling. Sedangkan bank-bank lainnya melayani penukaran uang di kantor masing-masing,” terang Muqorobin, sembari menambahkan selain di Lapangan Adam Malik, BI juga membuka kas keliling di sejumlah lokasi secara bergantian, seperti di Pasar Horas, Pasar Dwikora, Komplek Megaland, dan Beringin Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.

Lebih lanjut disampaikan Muqorobin, SERAMBI digelar dalam rangka menyediakan kebutuhan uang pecahan baru (uang cetak segar) menjelang Hari Raya Idul Fitri, sekaligus sosialiasi uang palsu dan agar

masyarakat Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah.

“Terima kasih kepada Bu Wali yang sudah mengizinkan kami menggunakan Lapangan Adam Malik. Kepada bank-bank, selamat bekerja melayani masyarakat,” kata Muqorobin.

Selanjutnya penyerahan cenderamata oleh BI kepada dr Susanti dan Forkopimda berupa uang angkat (uang bersambung).

Pembukaan Layanan Penukaran Terpadu SERAMBI ditandai dengan penukaran uang oleh dr Susanti dan Forkopimda di mobil-mobil kas keliling.

Masyarakat dapat menukar uang dengan mendaftar di aplikasi https://pintar.BI.go.id maksimal Rp4 juta, dengan rincian pecahan Rp50 ribu sebanyak 20 lembar Rp1 juta, pecahan Rp20 ribu sebanyak 50 lembar Rp1 juta, pecahan Rp10 ribu sebanyak 1 blok (100 lembar) Rp1 juta, pecahan Rp5 ribu 1 blok (100 lembar) Rp500 ribu, pecahan Rp2 ribu 2 blok (200 lembar) Rp400 ribu, dan pecahan Rp1.000 sebanyak 1 blok (100 lembar) Rp100 ribu.

Tampak hadir, Kapolres Pematangsianțar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar, perwakilan Dandim 0207/Simalungun, dan perwakilan perbankan, (surati)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *