USAID IUWASH Rayakan Hari Perempuan Internasional

  • Bagikan
Workshop yang digelar USAID IUWASH Tangguh merayakan Hari Perempuan Internasional di aula Kantor Bupati Deliserdang l, Lubukpakam Rabu (8/3).beritasore/ist

DELISERDANG (Berita): USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) bersama Pemkab Deliserdang merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret.

Tema perayaan tahun ini “Peran Perempuan Dalam Mengoptimalkan Air Minum dan Sanitasi Aman Cegah Stunting” yang digelar di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Lubukpakam Rabu (8/3).

Kegiatan bersama Dinas P2KBP3A Deli Serdang, sebagai mitra dari USAID IUWASH itu didukung pula oleh mitra-mitra pemberdayaan perempuan seperti Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, Puspa, YNLM, Bestari dan Hapsari.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kaum perempuan dan masyarakat pada umumnya tentang pentingnya air minum aman dan sanitasi aman dalam pencegahan stunting.

USAID IUWASH Tangguh adalah kegiatan lima tahun untuk memajukan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat ketahanan iklim layanan air minum dan sanitasi serta pengelolaan sumber daya air.

Dalam kemitraan yang erat dengan Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH Tangguh mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Memastikan akses ke air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) dan untuk membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (SDG 11).

Wakil Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar mewakili Bupati Ashari Tambunan dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang memberi apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah berperan dan berkontribusi dalam menurunkan angka stunting.

Menyatukan derap langkah untuk mencegah stunting dengan mempromosikan pentingnya air minum dan sanitasi aman.

“Saya mengharapkan kaum perempuan dapat lebih aktif dalam menciptakan dan mengupayakan tingkat kesehatan lebih baik.

Salah satunya mengupayakan peningkatan akses akan air minum dan sanitasi aman,” ungkap Yusuf.

Mulai dari lingkungan keluarga yaitu unsur terkecil dari kehidupan sosialkemasyarakatan.

Perempuan harus lebih aktif lagi untuk mempromosikan dan mengadvokasi pihak terkait dalam rangka peningkatan akses air minum dan sanitasi aman.

“Pada akhirnya dapat mencegah stunting pada anak-anak di Deliserdang sebagai generasi penerus bangsa dan pelanjut tongkat estafet pembangunan daerah,” harap Wabup.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deliserdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, menjelaskan peran perempuan dalam mengoptimalkan air minum dan sanitasi aman cegah stunting.

“Sangatlah penting kita sebagai perempuan berperan mengurangi prevalensi stunting.

Kita mulai dari lingkup paling kecil yaitu keluarga. Kita dapat membudayakan anggota keluarga untuk cuci tangan pakai sabun di enam waktu penting, yaitu sebelum masak dan menyiapkan makan, sebelum memegang balita atau menyusui bayi, sebelum makan dan menyuapi bayi, sesudah memegang hewan, setelah membuang air besar, dan setelah menceboki bayi,” papar Hj Yunita.

Ia mengajak perempuan di Deliserdang untuk peduli akan isu stunting. “Kita bisa melakukan sesuatu untuk anak-anak di Deli Serdang agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Terapkan terus cuci tangan pakai sabun, bisa kita mulai dari diri sendiri,” katanya.

Hadir pada talkshow tersebut, Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Eko Novi Ariyanti RD; Ketua Program Studi Gender (PSU) USU, Prof Dr Ritha F Dalimunthe SE MSi; Wakil Ketua TP PKK Deliserdang, Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Deliserdang, Ny Hj Boya Timur Tumanggor; USAID IUWASH Tangguh Kantor Jakarta, Nurhasdiana, dan para pejabat Pemerintah Kabupaten Deliserdang. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *