Umat Islam Diwajibkan Berpuasa Dibulan Ramadhan

  • Bagikan
Ustad Dr. Haddad Ulum Harahap MA. Khotib di Masjid raya nurul iman desa Hutaimbaru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) minggu pertama puasa ke dua Jum'at (25/03/2023). beritasore/Ist

PALUTA (Berita): Ustad Dr. Haddad Ulum Harahap MA. Khotib di Masjid raya nurul iman desa Hutaimbaru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) minggu pertama puasa ke dua Jum’at (25/03/2023)

Dalam khutbahnya Umat Islam diwajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan 1444 H. Ada sejumlah dalil puasa Ramadhan yang terdapat dalam Al-Qur’an maupun Hadits yang menerangkan kewajiban puasa.

Puasa dalam bahasa Arab berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan.

Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara yang khusus mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Ibadah puasa memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya dikatakan Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin bahwa puasa menjadi sangat istimewa dibandingkan ibadah lainnya.

Sebab, Allah SWT akan memberikan ganjaran langsung kepada hamba-Nya

Surat Al Baqarah Ayat 183

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.( Ikh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *