Syukuran Tahun Baru 2024, Banyak Capaian Keberhasilan di Gunungsitoli

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI (Berita): Dalam syukuran tahun baru 2024, Pemko Gunungsitoli di pelataran balaikota, Rabu (31/1/2024), Plt Walikota Sowa’a Laoli menyebutkan sejumlah keberhasilan pembangunan dalam berbagai aspek.

Untuk menyempurnakan pelayanan, Sowa’a pun mengharapkan dukungan masyarakat.
Pelayanan publik di tahun 2023 sesuai penilaian Ombudsman RI dikatakan sagat baik, mencapai angka 80 lebih, sehingga Gunungsitoli mendapat predikat zona hijau.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari tahun 2022 ke tahun 2023 dengan angka 71,55. Demikian halnya persentase kemiskinan membaik. Angka kemiskinan menurun. Sowa’s berharap dengan kerjasama yang bersifat kolaboratif kemiskinan kiranya kembali menurun tahun ini.

“Pembangunan kesehatan secara umum juga terbilang baik dan berhasil. Seluruh Puskesmas di Kota Gunungsitoli memperoleh penilaian paripurna dalam akreditasi yang baru saja berlangsung,” urainya.

Plt Walikota kembali pamer capaian Pemko, secara berturut turut dalam 5 tahun terakhir diperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Masih banyak capaian dan prestasi yang kita peroleh,” jelasnya.

Sowa’a mengatakan agar tidak terlena berbangga dan berhenti di titik ini. Pelayanan publik dikatakan harus lebih ditingkatkan. Salah satu faktor yang terus ditingkatkan adalah disiplin waktu sehingga pekerjaan dapat tuntas sesuai target dan membuat warga nyaman.

Dia memohon dukungan para tokoh dan seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli, kiranya ke depan dapat bersama dan berkolaborasi dalam menciptakan Gunungsitoli maju sejahtera dan berdaya saing.

Sowa’a kembali mengatakan, seiring dengan meninggal dunia mantan walikota Lakhomizaro Zebua bulan lalu, diminta agar masyarakat terus mendoakan. Lakhomizaro yang merupakan pasangannya sebagai pemimpin kota dikatakan sosok yang bayak berbuat untuk kota Gunungsitoli.

Sekda Gunungsitoli, Drs Oimonaha Waruwu mengatakan, sejatinya syukuran direncanakan minggu pertama Januari 2024, namun karena masih suasana berkabung atas meninggalnya walikota, kegiatan dilaksanakan saat ini.

Drs Agustinus Zega selaku tokoh masyarakat yang didaulat menyampaikan sambutan menyampaikan syukur atas roda pemerintahan Pemko Gunungsitoli yang berjalan kondusif.

“Kami berharap Pemko terus berinovasi menyempurnakan pembangunan kota yang kini semakin baik,” harapnya.

Emanuel Ziliwu mewakili lembaga DPRD Gunungsitoli menyampaikan selamat tahun baru. Ia juga mengatakan, harapan harapan masyarakat akan terus diperjuangkan sesuai aspirasi yang disampaikan. (KZ)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *