Puting Beliung Hantam 5 Kecamatan Sergai, 134 rumah Porak Poranda

  • Bagikan
Pj Kalak BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Frist Ueki Prapanca, SE, MSi, di saat memberi keterangan kepada awak media di ruangannya, Kamis (24/08/2023).beritasore/Azwen

SERGAI (Berita): Lima kecamatan di Landa angin puting beliung dan memporak-porandakan 133 unit rumah masyarakat dan satu unit rumah ibadah rusak berat dan ringan namun tidak ada korban jiwa di saat angin puting beliung melanda Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Selasa, (22/08) lalu.

Hal ini di katakan Pj Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Serdang Bedagai , First Ueki Prapanca Damanik, SR, MSi, di ruangannya, di komplek Bumi Sergai, Desa Firdaus, Kamis, (24/08).

Frist, mengatakan sampai saat ini data terkini, tentang jumlah rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung yang menimpa wilayah Serdang Bedagai, pada tanggal 22 Agustus kemarin, sebanyak 133 unit rumah dan satu unit rumah ibadah, dan belum ada laporan tentang korban jiwa, ungkapnya.

Kalau kemarin jumlah yang masuk ke BPBD, hanya sekira 82 unit rumah warga dan satu unit rumah ibadah, namun hari ini jumlah tersebut sudah bertambah menjadi 133 rumah warga dan satu unit rumah ibadah,” ucap Frits Damanik.

Dalam penyampaiannya Frits, mengatakan bahwa data tersebut masih belum bisa dikatakan final, dan ini masih belum dikatakan data final dan masih penerimaan data sementara, siapa tau masih ada data yang belum masuk hari ini, bisa menjadi bertambah jumlah, kata First.

Bencana angin puting beliung tersebut terjadi di Lima Kecamatan, yaitu, Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Tanjung Beringin, Kecamatan Bandar Khalipah, Kecamatan Tebing Syahbandar, dan Kecamatan Tebing Tinggi, pada Selasa (22/08/2023), sekitar pukul 19.00 Wib malam.

Yang paling banyak rumah yang terdampak bencana tersebut adalah di Desa Pematang Pelintahan Kecamatan Sei Rampah dengan jumlah 94 unit, disusul Kecamatan Bandar Khalipah sebanyak 29 unit, Kecamatan Tanjung Beringin sebanyak 9 unit.

Kemudian Kecamatan Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar masing masing satu unit.

Kita himbaukan kepada masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai untuk tetap waspada di mana saat ini cuaca ekstrim kadang pagi hari panas dan tiba -tiba hujan, kita harus tetap waspada, katanya.(Azw)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *