Pohon Pisang Ajaib Berjantung 7 di Desa Manis Asahan

  • Bagikan

ASAHAN (Berita): Sebuah pohon pisang tumbuh unik dan langkah. Lazimnya pohon pisang memiliki satu jantung dengan satu tandan, tapi pohon pisang jenis ambon yang tumbuh di halaman samping rumah Jumiadi 57, di Dusun IV Desa Manis, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan memiliki 7 jantung dengan 7 tandan sekaligus.

Pohon pisang ajaib berbuah 7 tandan tersebut ditanam Jumiadi sejak beberapa bulan yang lalu, tetapi baru membuahkan hasil sekitar satu bulan lau. Awalnya, ia mengira pohon pisang ambon miliknya itu berbuah normal dengan ukuran besar. Namun seiring berjalan waktu pohon pisang tersebut tumbuh tandan baru yang semangkin tumbuh tandan yang lain hingga jumlahnya memcapai 7 tandan dengan 7 jantung.

“Sebelumnya juga pernah pohon pisang saya berbuah dua tandan, tapi sudah lama. Dn ini tumbuh lagi malah buah mencapai 7 tandan dan 7 jantung, mungkin ini terjadi yang pertama di Asahan “ kata duda 4 anak ini saat ditemui wartawan, Jum’at (11/8).

Menurut Jumiadi, pohon pisang berbuat 7 tandan dan memiliki 7 jantung itu di tanamnya sejak beberapa bulan yang lalu, tapi baru bebuah sekitar satu bulan ini, namun buahnya tidak normal, ukurannya kecil tidak seperti biasanya pisang ambon berukuran besar.

“Saya tau pisang itu memiliki 7 tandan mulai ontong (jantung), buahnya banyak tapi kecil tidak seperi pisang ambon biasanya besar,” ucap mantan karyawan PTPN IV Pulau Raja itu.

Namun, kata Jumiadi, pohon pisang unik itu akan tetap dirawatnya agar dapat terjaga kelestariannya hingga mampunya pohon pisang tersebut bertahan hidup, bila pun tiba masanya dipanen apabila laku dijualnya akan dijualnya dan bila tidak akan diberikan kepada orang yang membutuhkan

“ Kalau hasilnya pisangnya bisa dijual ya dijual, tapi kalau tidak ya diberikan kepada orang yang mau “ tandasnya. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *