Pengurus PD Fosil BKMI Kab. Pakpak Bharat Dilantik

  • Bagikan
Pengurus PW dan  PP Fosil BKMI foto bersama dengan KSB PD Fosil BKMI Kab. Pakpak Bharat terpilih, Wakil Bupati & Kasie Bimas Islam Kemenag Kab.Pakpak Bharat, usai acara pelantikan di Masjid Attawabin, Kec Salak Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (29/1). beritasore/Ist

MEDAN (Berita): Ketua Umum PW Forum Silaturahmi Badan Kemakmuran Masjid Indonesia (Fosil BKMI) Sumatera Utara H Syahlan Jukhri Nasution ST, MT, IAI, AA melantik pengurus PD Fosil BKMI Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (29/1) di Masjid Attawabin Dusun Sosor Desa Boang Manalu Kec. Salak Kabupaten Pakpak Bharat.

Pengurus PD Fosil BKM Indonesia Kabupaten Pakpak Bharat yang dilantik terdiri dari Ketua Umum Abdul Muhammad Saleh, Sekretaris Umum Heriawan, S.Pd dan Bendahara umum: Syawaluddin Tumanggor.

Kepada pengurus PD Fosil BKMI Kab Pakpak Bharat yang baru dilantik,  Ketum PW Fosil BKMI Sumut H Syahlan Jukhri Nasution mengharapkan agar Masjid Attawabin dapat berfungsi sebagai masjid rest area bagi musyafir yang melintasi daerah PakPak Bharat.

“Sebagai  masjid rest area, harus menyediakan segala kebutuhan baik bagi para musyafir seperti produk UMKM jajanan, makan, dll. maupun kebutuhan bagi pemeluk agama lain,” harap Syahlan.

Selain itu, tambah Syahlan, tata kelola masjid dirubah dari pola konvensional menjadi professional, dibayar sesuai dengan kemampuan finansial masjid dan tugas serta tangungjawab yang diemban.

Sementara itu, Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Mutsyuhito Sholin, M.Pd. mengharapkan kepada Pengus PD Fosil BKMI Pakpak Bharat fokus bekerja meningkatkan fungsi peran masjid guna kemaslahatan umat.

“Pengurus terpilih harus solid dan meningkatkan kompetensi manajerial, sinergi dengan Pemkab dan dapat berkolaborasi dengan BKM-BKM di delapan kecamatan serta mensosialisasikan potensi, pengembangan, pemanfaatan kayu kapur dan kemenyan diolah sehinga dapat meningkatkan nilai tambah guna mencapai visi Kab. Pakpak Bharat “Mewujudkan Pakpak Bharat Nduma”.

Misi Kab. Pakpak Bharat ini terkait dengan motto FoSil BKMI yakni “FoSil Berkarya, Masjid Berdaya, Umat Berjaya dan Sejahtera”, ujar Wakil Bupati Pakpak Bharat.

Diawal acara pelantikan DP FoSil BKMI Pakpak Bharat, Sekjend PP FoSil BKMI Ir. H. Ilham Safwi memaparkan, proses pemilihan ketua berjalan demokratis dan cepat karena beberapa hari sebelumnya sudah dilakukan persiapan musyawarah pembentukan PD Fosil BKMI dan seleksi kandidat calon pengurus.

Pada kesempat ini, Imam Masjid Jafaruddin Tumanggor berharap agar pengurus PD FoSil BKMI Kab. Pakpak Bharat terpilih amanah menjalankan roda organisasisi dan meningkatkan tatakelola masjid menjadi berbasiskan manajemen modern.

Sebelumnya, Kasie Bimas Islam Kemenag Kab Pakpak Bharat Drs. Fachrizal Indra, dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini eksistensi BKM hanya ada dalam bentuk data dan masing-masing BKM berjalan sendiri-sendiri.

Dengan dilantiknya PD FoSil BKMI Kab. Pakpak Bharat diharapkan sebagai tonggak pemersatu melalaui proses ta’aruf dan ta’awwun.

“Masjid memiliki peran strategis dan difungsikan lebih luas lagi, tidak hanya terbatas pada bidang mahdhah tetapi lebih dari itu (ghair mahdhah), tantangan & peluang ini membutuhkan kesungguhan tatakelola Masjid, karena itu, masjid harus benar-benar dikelola dengan benar/baik,” pungkas Fachrizal Indra.

Diawal acara pelantikan DP FoSil BKMI Pakpak Bharat, Sekjend PP FoSil BKMI Ir. H. Ilham Safwi memaparkan, sejarah berdirinya FoSil, berawal dari Seminar Nasional “Manajemen Masjid” pada hari Sabtu tgl. 20 Agustus 2016 di Hotel Grand Kanaya Jl. Darussalam Medan, peserta bertanya kepada panitia “What the next”.

Panitia seminar Nasional berfikir keras agar setelah seminar ada sesuatu yang dapat menjawab kerisauan tersebut. Maka pada 22 Mei 2017 lahirlah FORUM SILATURRAHIM (FOSIL) BADAN KEMAKMURAN MASJID (BKM) sebagai wadah silaturrahim, berembuk dan diskusi sesama pengurus masjid dalam upaya mencari solusi berbagai persoalan pengembangan masjid.

Tahapan dan proses transformasi FoSil Kota Medan hingga menjadi FoSil BKMI juga dijelaskan secara runut dan performa yang telah dicapai serta kerjasama dengan berbagai pihak juga dipaparkan.

Bahkan pengurus sudah mencoba menghubungi berbagai pihak di luar negeri agar FoSil BKMI dapat menuju Go Internasional dan memberi kontribusi dilingkup regional negara Asean.(att)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *