Pemkab Madina Usulkan LPJU-TS Ke Dirjen EBTKE

  • Bagikan
Dirjen EBTK Kementerian SDM Dadan Kusdiana, Staf Khusus Bupati Madina Irwan H Daulay dan Kasubdit Keteknikan dan Pengawasan Roy Chandra Harahap.beritasore/ist

PANYABUNGAN (Berita): Pemkab Mandailing Natal mengusulkan kepada Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana untuk tahun ini mendapat jatah Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (LPJU-TS) untuk dipasang di beberapa lokasi di Madina.

Usulan itu disampaikan Staf Khusus Bupati Madina Irwan H Daulay di ruang terbuka lt 2 gedung Ditjen EBTKE di bilangan Cikini, Jakarta Pusat.

Informasi ini diperoleh waspada.id dan beritasore.co.id secara tertulis di Panyabungan, Sabtu (25/2).

Irwan menjelaskan, LPJU-TS ini sangat dibutuhkan baik untuk penerangan di malam hari di perkotaan dan pemukiman penduduk serta lokasi yang belum teraliri jalur PLN.

Sesua arahan Bupati Madina secara bertahap, lanjut dia, LPJU konvensional akan digantikan dengan tenaga surya selain untuk mendukung program nasional zero emition, juga menghemat anggaran daerah yang belakangan ini tekor dari jumlah Pajak Jalan Umum yang diterima.

“Karena program ini berupa dana aspirasi dari anggota Komisi VII DPR RI, saya berjanji mendukung usulan tersebut dan akan membicarakannya dengan Pak Lamhot Sinaga, anggota Fraksi Partai Golkar dapil Sumut II dan menyarankan pihak Pemkab Madina ikut mengusulkan kepada Pak Lamhot Sinaga, karena sesuai aturan mereka yang menentukan titik LPJU-TS nya baru kemudian dibangun kementerian ESDM,” ujar Dadan.

Sedangkan Irwan mengungkapkan, sebagai informasi, tahun ini Sumut mendapat jatah 400 titik LPJU-TS dan Madina diharapkan mendapatkan setidaknya 150 unit.

“Untuk tahun berikutnya, secara bertahap mendapatkan porsi tambahan hingga seluruh lampu jalan di Madina menggunakan tenaga Surya,” pungkas Staf Khusus Bupati Madina Irwan H Daulay. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *