Kapolsek Dan Warga Tanahjawa Berburu Tikus Sawah

  • Bagikan
Ket.gbr: Kapolsek dan warga Tanjung Pasir, Kec. Tanahjawa sedang berburu tikus untuk menyelamatkan tanaman padi warga.(ist).
Ket.gbr: Kapolsek dan warga Tanjung Pasir, Kec. Tanahjawa sedang berburu tikus untuk menyelamatkan tanaman padi warga.(ist).

 

SIMALUNGUN (Berita): Kapolsek Tanahjawa, Resort Polres Simalungun, bersama-sama warga Tanjung Pasir, Kec. Tanahjawa, Kab. Simalungun, melakukan aksi perburuan hama tikus diareal persawahan petani setempat, Jumat (28/77/2023).

Kegiatan berburu tikus ini berawal dari inisiatif dari Kapolsek Tanahjawa, Kompol M.Nainggolan, bersama Pangulu Nagori (Kades) Tanjung Pasir untuk menggerakkan petani sawah dalam meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya tanaman padi. Hal ini mengingat keberadaan hama tikus sawah semakin meresahkan warga di daerah itu.

Kegiatan perburuan tikus sawah ini mendapat dukungan penuh dari warga Tanjung Pasir, sehingga hama yang mengganggu tanaman padi dapat berkurang dan hasil panen diharapkan dapat meningkat.

Selain melakukan perburuan tikus, petani juga diminta melakukan percepatan pola tanam padi. Dengan mengikuti pola tertib tanam diharapkan dapat meningkatkan ekonomi para petani.

Kegiatan perburuan tikus sawah ini melibatkan sekitar 230 orang warga petani Tanjung Pasir, yang dibagi menjadi 2 kelompok untuk memburu hama tikus di lahan pertanian seluas kurang lebih 208 hektar. Melalui kegiatan ini, warga petani Tanjung Pasir berhasil menangkap sebanyak 140 ekor tikus.

Selain diikuti Kapolsek Tanahjawa, Kompol M. Nainggolan dan Pangulu Tanjung Pasir R. Butar-Butar, turut serta dalam perburuan tersebut antara lain Gamot, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani Tanjung Pasir.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Tanahjawa Kompol M.Nainggolan menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kerjasama warga dalam kegiatan perburuan tikus sawah.

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam mengatasi permasalahan hama tikus sawah yang merugikan.

” Polres Simalungun juga akan terus mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan hama tikus sawah guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Simalungun, tandas Nainggolan.(a27).

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *