Insya Allah, Bandara AH Nasution Rampung Desember 2023

  • Bagikan

Ketua TP2D Prof Todung Mulya Lubis didampingi tokoh masyarakat Irwan Daulay meninjau progres pembangunan Bandara AH Nasution

MADINA (Berita): Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Prof Todung Mulya Lubis bersama tokoh masyarakat Irwan Daulay meninjau progres pembangunan bandara Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (28/7).

Kunjungan memastikan proyek pembangunan bandara yang diberi nama A. Haris Nasution selesai sesuai jadwal direncanakan Desember 2023.

“Progresnya cukup bagus sesuai timline yang sudah disepakati, dan Insya Allah Desember 2023, 100 persen selesai baik terminal maupun landasan pacu,” kata Todung Mulia.

Ketua TP2D Madina bersama rombongan saat meninjau progres Bandar Udara Mandaiking Natal

Ia berharap, pembangunan bandara ini secepatnya bisa beroperasi, meski jadwal awalnya Maret 2024.

“Jadwalnya Maret 2024 bisa operasional, jadi pesawat bisa datang dan pergi dari sini, tapi kita akan usahakan lebih cepat lagi,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, ada beberapa proses persyaratan yang harus dipenuhi dan hal itu akan dicoba untuk lebih dipercepat.

“Kita juga akan coba bicara dengan Kementerian Perhubungan, tapi yang pasti, Lion Air sudah siap untuk mendatangkan pesawatnya ke sini, mungkin dua kali dalam satu hari bisa terbang, datang dan pergi,” sebutnya.

Todung juga menyebutkan, jika bandara ini sudah bisa beroperasi tentunya punya dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Madina.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi kontribusi yang positif buat pembangunan Madina secara umum, dan bisa membawa lebih banyak investor untuk masuk ke sini,” katanya.

Project manajer, Raharjo, menyebutkan, progres pengerjaan proyek pembangunan bandara ini sudah 46 persen, dan sedang dalam tahap pengerjaan, jalan akses drainase, pagar dan timbunan.

“Secara sporadis sudah kita lihat semuanya, dan harapannya bisa selesai sesuai target. Dan juga kita juga sudah menambah peralatan untuk mempercepat proses pengerjaan,” ujarnya. (Irh)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *