Inalum Komit Dukung Pendidikan

  • Bagikan
Berita Sore/alirsyah Pejabat Inalum memberikan bantuan kepada anak SD dalam komitmennya fokus pembangunan pendidikan.

BATUBARA (Berita): Sepanjang tahun 2023, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) komit memfokuskan pembangunan pendidikan, pengembangan infrastruktur fisik, Sumber Daya manusia (SDM), siap kerja, dan Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Hal itu dikatakan Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende dalam rilisnya diterima dari Humas Inalum sebagai kepedulian perusahaan, khususnya dalam rentang usia dini dan SMA/SMK keahlian Selasa (28/5/2024).

Mahyaruddin memaparkan beberapa program dilakukan berkolaborasi dengan berbagai kelompok masyarakat. “Ke depan kami memohonkan dukungan dari berbagai pihak dan berterima kasih karena telah mendukung dan berkolaborasi bersama dalam meningkatkan SDM masyarakat,” katanya.

Tahun 2023 fokus penyaluran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Inalum di bidang pendidikan, lingkungan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

ia menyebut ada tiga kelompok bantuan yang disampaikan Inalum kepada masyarakat diantaranya perbaikan gedung dan sarana pendidikan, beasiswa industri, dan pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Program perbaikan infrastruktur di latar belakangi masih banyaknya sekolah di sekitar perusahaan, sarana dan prasarana pendidikan kurang memadai.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum dapat mengakomodir seluruh kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Program ini memiliki tujuan membangun.dan renovasi perbaikan gedung sekolah agar menjadi layak dan nyaman untuk kegiatan belajar dan mengajar.

“Komitmen pembangunan pendidikan Inalum diharapkan dapat memberikan dampak manfaat positif berupa kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan aman serta sarana dan prasarana pendidikan menjadi lebih layak pakai,’ ujarnya.

Selama tahun 2023, setidaknya ada 25 sekolah mendapatkan bantuan demi meningkatkan kenyamanan belajar mengajar.
Sementara untuk beasiswa, pada tahun 2023, terdapat 100 orang penerima beasiswa.

Penerima beasiswa merupakan mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial, terpilih melalui seleksi internal yang dilaksanakan Inalum. Mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang berasal dari 10 Kota/Kabupaten, termasuk dalam wilayah kerja utama TJSL Inalum.

Program pemberian beasiswa S1 merupakan hasil sinergi dengan beberapa mitra strategis, Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Paguyuban KSE Universitas Sumatera Utara, Paguyuban KSE Universitas Negeri Medan, dan Paguyuban KSE Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kemudian proses inisiasi dan pengembangan PAUD dilakukan sejak tahun 2017 yang bekerja sama dengan beberapa mitra strategis, yaitu Pengurus PAUD Inata dan Bunda PAUD Batubara.

Inalum akan terus melanjutkan program PAUD Inata secara berkesinambungan hingga PAUD Inata dapat sepenuhnya beroperasi secara mandiri.

Program TJSL hadir sebagai wujud nyata perhatian Inalum terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar perusahaan sesuai mandat dari pemegang saham perusahaan dimana saat ini fokus pada peningkatan perekonomian dan kualitas pendidikan.

Diharapkan pelaksanaan TJSL menjadi salah satu perwujudan misi dan strategi jangka panjang perusahaan sejalan dengan tujuan TJSL itu sendiri memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Sebagai pelindung bisnis Perusahaan dalam praktiknya TJSL mendapatkan dukungan dari masyarakat sehingga operasional dan bisnis perusahaan dapat berjalan dari waktu ke waktu. (als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *