Forkopimcam Kotanopan Letakkan Karangan Bunga Di Tugu Pahlawan

  • Bagikan
Teks foto Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-78 RI di Kec. Kotanopan, Kab. Mandailing Natal.
Teks foto Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-78 RI di Kec. Kotanopan, Kab. Mandailing Natal.

 

MADINA (Berita): Selain melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan di depan terminal Pasar Kotanopan, salah satu agenda utama memperingati HUT ke-78 RI di Kec. Kotanopan, Kab. Mandailing Natal, Kamis (17/8).

Peletakan karangan bunga dilakukan forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Kotanopan dipimpin Camat Pangeran Hidayat, dilanjutkan anggota DPRD Madina Rahmad Rizki Daulay, Ketua TP PKK, Danramil, Kapolsek, Kacabjari, Kalapas, tokoh masyarakat, para jajaran dinas/ jawatan, kepala sekolah dan undangan terkait lainnya.

Teks foto:
Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopincam) Kotanopan dipimpin Camat Pangeran Hidayat melakukan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan.

Teks foto:
Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopincam) Kotanopan dipimpin Camat Pangeran Hidayat melakukan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan.

Ini, agenda rutin setiap memperingati HUT RI di kecamatan itu. Peletakan karangan bunga para Muspika Kotanopan dan undangan lain, satu per satu melakukan penghormatan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan atas pengorbanan jiwa raga demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Usai kegiatan peletakan karangan bunga dan penghormatan, jajaran Muspika Kotanopan memberikan tali asih berupa bingkisan kepada keluarga veteran/pejuang kemerdekaan yang sengaja diundang untuk hadir dalam rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI di Kotanopan.

Sebelumnya, agenda lain rangkaian memperingati HUT ke-78 RI dilakukan di Kotanopan seperti apel kehormatan dan renungan suci di TPU Desa Sayurmaincat, Kamis (17/8) lewat tengah malam sekira pukul 00.01. Inspektur upacara dalam renungan suci Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Madina Novan Hadian, SH, MH.

Renungan suci dan apel kehormatan dihadiri jajaran Forkopinda Madina bersama Sekdakab Madina Alamulhaq Daulay, SH, MM, Kemenag, asisten dan kepala OPD, jajaran TNI/Polri, Satpol PP, Muspika dan Camat terdekat, kepala desa, kepala sekolah, tokoh masyarakat, pelajar, masyarakat dan undangan lain.

Apel kehormatan berlangsung hikmat, para peserta upacara berbaris rapi di tengah redupnya cahaya penerangan. Anggota Pramuka berbaris mengelilingi lokasi dengan obor di tangan.

Prosesi renungan suci bertujuan mengenang arwah para pahlawan sebagai awal dari rangkaian peringatan HUT RI tahap demi tahap berhasil diselesaikan dengan baik.

Dari batu nisan di lokasi renungan suci, ada empat pejuang/veteran dimakamkan di TPU tersebut yakni almarhum Muhammad Ilyas Parinduri, Npv 6589/F, lahir 1920 – wafat 1999), almarhum H. Muhammad Yasin Lubis, Npv/Nrp 2.043.694, lahir 31 Desember 1925 dan wafat 24 Desember 2004.

Kemudian, almarhum Darwis Thaib. Npv/ Nrp : 2.006.833, lahir 15 Februari 1927 dan wafat 27 Februari 2008 serta almarhum Amir Rajab Parinduri, Npv 20.45.845/L, lahir 15 Juli 1928 dan wafat 12 Oktober 2011.

Sebelum renungan suci di Kec. Kotanopan dilaksanakan upacara penetapan waktu dan pawai obor menjelang peringatan hari kemerdekaan ke- 78 RI melibatkan ratusan peserta berasal dari jajaran TNI/Polri, dinas dan jawatan serta pelajar dengan rute keliling Pasar Kotanopan.

Upacara penetapan waktu dan pawai obor bagian tidak bisa dipisahkan di detik-detik menjelang peringatan HUT ke-78 RI. Hal ini sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan.

“Kegiatan Taptu dan pawai obor ini juga sebagai salah satu cara untuk mengobarkan semangat para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif,” ujar Lokot Husda selaku ketua pelaksana HUT ke-78 RI di Kotanopan.

Usai peletakan karangan bunga, rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI dilanjutkan dengan pelaksanaan pawai diawali barisan Paskibraka, drumband, deville, Pramuka dan karnaval tingkat TK/PAUD/SD/SLTP/MTs/SLTA/ Aliyah dan umum. (irh)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *