Exavator Dikerahkan Tangani Irigasi Rusak Di Madina

  • Bagikan
Exavator tiba di lokasi (Simangambat) dan mulai melakukan perbaikan tanggul yang rusak di Aeksibontar/Muarasada. beritasore/Ist

PANYABUNGAN (Berita): Setelah petani di Mandailing Natal (Madina) sangat menderita akibat sawah kekeringan karena irigasi rusak, kini, exavator dikerahkan ke lokasi.

“Informasi saya peroleh, exavator sudah tiba di lokasi (Simangambat) dan mulai melakukan perbaikan tanggul yang rusak di Aeksibontar/Muarasada,” ujar Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Madina Martua Batubara menjawab waspada.id dan beritasore.co.id melalui sambungan telepon seluler, Kamis (2/3).

Ditanya, selain itu, perbaikan mana lagi yang mau diperbaiki, Martua mengungkapkan, sementara itu dulu dikerjakan dan yang pembersihan shipon Aekpohon dikerjakan BWS.

Tidak bisa diperoleh kapan pengerjaan irigasi rusak ini selesai, juga tidak diketahui berapa anggaran digunakan. Petani mengaku menunggu sudah sangat lama.

Seperti diberitakan sebelumnya, siphon (terowongan) kanan irigasi Batanggadis amblas di titik lintasan Sungai Aekpohon mengakibatkan petani Panyabungan sekitarnya menderita.

Di Panyabungan sekitarnya 772,6 ha sawah kekeringan tak bisa ditanami karena siphon irigasi Batanggadis amblas.

Ada mengatakan, sawah kekeringan sudah satu tahun ini, ada pula mengatakan petani sudah tiga kali musim tanam, gagal, akibat ketiadaan air.

Dikabarjan, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal mengalokasikan dana tidak terduga (TT) untuk memperbaiki dua tanggul pertanian jebol di Kec. Siabu.

Kedua tanggul di badan Sungai Muarasada Kel. Simangambat dan tanggul di Desa Bonandolok. Kedua tanggul jebol Desember 2022. Ratusan hektar lahan pertanian warga mengalami gagal panen akibat tergenang.

Sedangkan saluran irigasi Batangangkola rusak parah di Desa Aekbadakjae, Kec. Sayurmatinggi, Kab. Tapanuli Selatan, mengakibatkan ribuan hektar sawah kekeringan di Kec. Siabu, Kab. Madina. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *