Dukcapil Madina Imbau Warga Urus KTP Digital Gratis

  • Bagikan
Ridwan Nasution, S.Sos, Kepala Dinas Dukcapil Madina. beritasore/ist

PANYABUNGAN (Berita): Warga Mandailing Natal (Madina) diimbau mengurus KTP digital dan administrasi kependudukan lainnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Madina tanpa perantara, tanpa biaya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Mandailing Natal agar mengurus administrasi kependudukan langsung ke kantor Disdukcapil Madina, baik itu KTP digital dan administrasi kependudukan tanpa perantara,” ujar Kadis Dukcapil Madina Ridwan Nasution, S.Sos di Panyabungan, Kamis (23/2).

Dikatakannya, seluruh administrasi kependudukan dikeluarkan Disdukcapil Madina gratis, tanpa biaya.

“Makanya, kami mengimbau kepada masyarakat agar mengurus langsung ke kantor Disdukcapil Mandailing Natal tanpa perantara,” katanya lagi.

Persyaratan menerbitkan KTP digital, lanjut Ridwan Nasution, harus memiliki KTP elektronik dan HP android.

“Target dari Ditjen Dukcapil 25 persen dari penduduk Madina memiliki KTP elektronik,” katanya.

Dijelaskannya, ada sejumlah keuntungan memakai KTP digital. Dengan kemajuan teknologi semua bisa dilakukan melalui smart phone.

Jumlah pengguna KTP digital di Madina masih 2.000-an orang atau setara 0,7 persen dari jumlah penduduk terdata di Dukcapil.

KTP digital dipergunakan untuk seluruh wilayah dan diluncurkan secara serentak di Indonesia berdasarkan keputusan dikeluarkan Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil dengan tujuan lebih mempermudah masyarakat dalam pelaksanaan transaksi layanan publik.

Di dalam aplikasi identitas kependudukan digital tersebut terdapat beberapa dokumen menyangkut administrasi seperti KTP, kartu keluarga, kartu Dinsos, bahkan kartu pemilu pengguna akun.

“KTP digital bukan hanya ASN dan honorer saja, semua masyarakat bisa menggunakan aplikasi itu,” ujar Kadis Dukcapil Madina Ridwan Nasution, S.Sos. ( irh).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *