Deklarasi Damai Pilkades Madina, Sukhairi Ingatkan Camat Netral

  • Bagikan
Bupati Mandailing Natal HM Jafar Sukhairi Nasution meminta para camat berlaku sportif dan netral dalam pelaksanaan Pilkades dilaksanakan serentak di Kab. Madina pada acara Deklarasi damai Pilkades di Gedung Serbaguna H. Amru Daulay, Panyabungan, Senin (7/8/2023). beritasore
IMG-20230808-WA0002
IMG-20230808-WA0004

PANYABUNGAN (Berita): Kalau tidak ada aral melintang, pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak diikuti 256 desa di 23 kecamatan pada 21 Agustus 2023, diharap berjalan aman, samai dan kondusif.

Bupati Mandailing Natal HM Jafar Sukhairi Nasution meminta para camat berlaku sportif dan netral dalam pelaksanaan Pilkades dilaksanakan serentak di Kab. Madina

Pernyataan ini disampaikan Sukhairi di Gedung Serbaguna H. Amru Daulay pada Sosialisasi dan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Senin (7/8).

“Saya minta camat menjaga netralitas. Tidak mendukung atau memenangkan salah satu calon dalam Pilkades ini,” imbuh Bupati Madina.

Sukhairi mengatakan, dalam Pilkades ini, dia juga akan berlaku netral. Dia tidak pernah melakukan intervensi untuk memenangkan salah satu calon.

“Sampai detik ini satu pun camat tidak ada mendapat perintah siapa yang akan dimenangkan desa masing-masing calon. Kami dari pemerintah Madina memposisikan para Cakades bagian dari pada anak-anak kami. Untuk itu kami tidak akan terlibat memenangkan salah satu calon manapun,” tegas Sukhairi.

Dia juga mengingatkan para Cakades untuk menghindari money politik atau politik uang dalam pelaksanaan Pilkades yang akan datang.

“Mungkin, 2024 dana desa akan bertambah dan masa jabatannya juga sembilan tahun. Bupati saja hanya lima tahun, artinya kepala desa punya peranan penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desanya,” jelas Ketua DPW PKB Sumut ini.

Bupati Madina berharap sosialisasi dan deklarasi Pilkades damai ini betul-betul dijalankan dan diterapkan di desa masing-masing.

“Mudah-mudahan kegiatan sosialiasi dan deklarasi ini bisa membawa berkah sehingga pilkades di Madina berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Forkopimda Madina seperti Kajari, Ketua DPRD Madina, Dandim 0212/TS berharap kepada Cakades dan semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusif dengan menjaga keamanan dan ketertiban di desanya.

Aman dan Damai

Kadis PMD Madina Ahmad Mainul Lubis .

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Madina Ahmad Mainul Lubis dalam laporanya menyampaikan, pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2023. Ia berharap Pilkades ini dapat berjalan aman, damai dan kondusif.

“Pilkades serentak kali ini diikuti 256 desa di 23 Kecamatan se-Kabupaten Mandailing Natal. Semoga Pilkades yang akan digelar 21 Agustus mendatang berjalan dengan aman dan kondusif,” tutur Meinul Lubis.

Deklarasi Pilkades damai ditandai dengan penandatanganan spanduk Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 dilakukan Forkopimda dan seluruh Cakades.

Kegiatan sosialiasi diikuti Para Pj. Kepala Desa yang mengikuti Pilkades dan BPD serta 3 orang pantia Pilkades. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *