Coffee Morning dan Silaturahmi KPU Siantar Bersama Media Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan

Pematang Siantar (Berita): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar menggelar coffee morning dan diskusi peningkatan peran media untuk mensukseskan Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Rabu (6/12/2023) di Dano Cafe Jalan Gereja Siantar.

Diskusi KPU bersama media, sukseskan Pemilu 2024 diikuti para wartawan media cetak, online, radio dan Televisi.

Ketua KPU Kota Pematang Siantar Muhammad Isman Hutabarat yang baru 1 bulan dilantik memperkenalkan komisioner KPU lainnya, Dedi Rachman Harahap, Chucha Ashari, Nurbaiyah Siregar dan Roy Mansen Simarmata. Coffee morning dan diskusi bersama media menjadi ajang silaturrahmi dan dialog untuk saling mengenal juga mendukung kinerja KPU khususnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang tahapan Pemilu demi suksesnya Pemilu 2024.

Nurbaiyah Siregar selaku koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM menjelaskan tujuan dan maksud diselenggarakan pertemuan tersebut menindaklanjuti hubungan kemitraan yang sudah terjalin baik selama ini. KPU menyadari pentingnya peran media dalam mensukseskan Pemilu.

“Tanpa bantuan rekan rekan media, pelaksanaan Pemilu di Kota Siantar tidak akan berjalan lancar karena media memiliki peran penting dalam mensukseskan Pemilu,” katanya.

Media lanjut Nurbaiyah, menjadi corong penyelenggara untuk menginformasikan dan mengedukasi seluruh tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan KPU kepada masyarakat.

Nurbaiyah juga menjelaskan sejumlah 18 partai politik peserta Pemilu yang akan mengikuti Pemilu 2024. KPU Kota Pematang Siantar bersama 5572 orang petugas KPPS akan bekerja di 797 TPS se-Kota Pematang Siantar. Dimana, masa kampanye sudah mulai berlangsung 28 November 2023 hingga 10 Januari mendatang.

Sedangkan kegiatan kampanye di media sosial atau melalui media online dan cetak (media massa) mulai 21 Januari -10 Februari 2024 sesuai PKPU No.15/2023.

“Tercatat hingga saat ini jumlah pemilih sebanyak 202. 206 jiwa yang dominan pemilih generasi millenial,” jelas Nurbaiyah.

Chucha Ashari selaku koordinator divisi teknis penyelenggaraan Pemilu dan Dedi Rahman Harahap kordinator divisi data dan informasi menjelaskan kategori pemilih, pemilih tetap, tambahan dan pemilih khusus. Semua pendataan dapat dilakukan dengan baik jika media juga ikut berperan aktif.

Roy Marsen Simarmata selaku koordinator divisi hukum dan pengawasan dalam kesempatan itu juga mengajak rekan rekan media untuk sama sama melakukan pengawasan demi terwujudnya pemilu yang bersih.

“Kegiatan ini merupakan bukti komitmen KPU Kota Siantar yang selalu tetap menjalin kerjasama dengan media/pers sebagai mitra strategis.Selain bukti komitmen kegiatan diskusi ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menyukseskan Pemilu 2024,” ungkapnya.

KPU berharap, wartawan juga harus mampu memberikan informasi -informasi yang akurat dalam pemberitaan, agar masyarakat dicerdaskan terkait pemberitaan-pemberitaan pemilupemilu, (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *