Bupati Tapsel Dampingi Gubsu Edy Ziarah Ke Makam Namora Pande Bosi

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Teks poto: Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Adil saat mendampingi Gubsu Edy Ziarah Ke Makam Namora Pande Bosi di Kecamatan Batang Angkola, Rabu (2/8).
Berita Sore/Birong RT Teks poto: Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Adil saat mendampingi Gubsu Edy Ziarah Ke Makam Namora Pande Bosi di Kecamatan Batang Angkola, Rabu (2/8).

 

TAPSEL (Berita): Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Adil mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis ziarah ke makam Namora Pande Bosi di Kecamatan Batang Angkola, Rabu (2/8).

Dalam kesempatan itu, Gubsu Edy mengapresiasi masyarakat Batang Angkola yang telah melestarikan tapak tilas Namora Pande Bosi atau sebutan nama lain Daeng Malela.

Edy mengaku sepanjang jalan banyak masyarakat yang mencegat Gubernur untuk singgah,” Saya tahu di wilayah teritorial banyak yang sayang kepada saya tetapi, waktunya terbatas, dan saya nanti akan fokus datang kesini,” ujarnya.

Mengenai Namora Pande Bosi, Gubsu Edy sedikit bercerita bahwa, Namora Pande Bosi konon dikabarkan merupakan seorang laki-laki asal suku Bugis Sulawesi Selatan yang melang-lang buana pada zaman dulu ke Batang Angkola.

Kemudian, ia berkeluarga dengan seorang wanita asli Batang Angkola dan Namora Pande Bosi memiliki keturunan, itulah yang bermarga Lubis.

Lalu, ia mendemonstrasikan bagaimana cara membuat cangkul, kampak, bajak, parang, tombak dan lain sebagainya,” Apalagi caranya bekerja bukanlah seperti orang biasa, akan tetapi besi yang sudah dibakar bisa dibengkokkan dan ditipiskan tanpa alat, cukup dengan menggunakan tangannya,” sebutnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, dan Ketua DWP Tapsel Ny Ira Sofyan Adil.(Rong)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *