Bupati Tapsel Buka Bimtek dan Sertifikasi Bagi Penyuluh Pertanian

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Teks poto: Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu saat membuka Bimtek dan sertifikasi bagi penyuluh pertanian Kab.Tapanuli Selatan di Desa Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kamis (9/5/2024).
Berita Sore/Birong RT Teks poto: Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu saat membuka Bimtek dan sertifikasi bagi penyuluh pertanian Kab.Tapanuli Selatan di Desa Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kamis (9/5/2024).

TAPSEL (Berita): Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu membuka bimbingan teknis (Bimtek) dan sertifikasi bagi penyuluh pertanian Kab.Tapanuli Selatan di Desa Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kamis (9/5/2024).

“Pelatihan bimtek dan sertifikasi penyuluh pertanian bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pertanian kita. Keberadaan para penyuluh pertanian sangat vital dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan serta dalam penerapan teknologi pertanian yang terus berkembang,” ujar Dolly.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah daerah sangat mendukung pembangunan pertanian di Tapanuli Selatan karena 70% masyarakat Tapanuli Selatan adalah mayoritas petani,” Kehidupan masyarakat kita bergantung pada pertanian, jika petani kita mengalami kesulitan itu artinya Tapsel akan mengalami kesulitan,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar penyuluh pertanian mendengar langsung keluhan masyarakat dan melihat langsung kesulitan petani untuk dibina untuk selanjutnya diarahkan untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia melalui peningkatan produksi maupun penguatan kapasitas petani.

Selain penggunaan teknologi pertanian yang maju sangat dibutuhkan guna menunjang hasil produksi para petani.

Melalui kegiatan sertifikasi ini, Dolly berharap para penyuluh pertanian dapat mengembangkan dan bisa mempraktekkan ke masyarakat dengan memadukan antara praktek lapangan maupun melalui aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kadis Pertanian Tapsel Henry Hamdani Hasibuan dalam laporannya menjelaskan
bimtek ini dimulai dari tanggal 6 sampai 8 Mei 2024. Kemudian untuk pelaksanaan sertifikasi dimulai tanggal 9 sampai 12 Mei 2024.

Turut hadir Kepala Bapeltan Jambi Sugeng Mulyono S.TP, M.P, lembaga sertifikasi profesi dan asesor kompetensi, koordinator BPP kecamatan, dan Pimpinan PT AR. (Rong).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *