Bupati Sergai Gerak Cepat, Turun Ke Rumah Dihantam Puting Beliung

  • Bagikan
Berita Sore/Azwen Bupati Sergai H Darma Wijaya melakukan gerak cepat ke lokasi musibah angin puting beliung melanda Sergai, Selasa malam (22/8).

SERGAI (Berita): Hujan deras di sertai angin puting beliung meluluhlantahkan puluhan rumah di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa malam (22/8).

Hujan lebat, petir menggelegar dan angin puting beliung menerjang wilayah Sergai di berbagai desa di beberapa kecamatan, sehingga menyebabkan puluhan rumah warga di beberapa desa mengalami kerusakan.

Musibah yang melanda Sergai dengan gerak cepat Bupati Sergai H Darma Wijaya, Rabu pagi (23/8) didampingi Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Sergai Fritz Ueki Prapanca Damanik langsung menuju Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah yang merupakan salah satu desa terbanyak rumah warganya terkena dampak bencana puting beliung.

Sembari menyapa warga korban bencana, Bupati menyampaikan rasa turut prihatin dan berharap kepada warga untuk bersabar dalam menghadapi musibah bencana alam ini.

Bupati menyebut dari beberapa desa yang terkena dampak bencana puting beliung, Desa Pematang Pelintahan Kec. Sei Rampah merupakan desa dengan kerusakan paling banyak yakni sekitar 56 rumah rusak berat dan ringan.

“Namun ada beberapa rumah warga dari desa lain yang juga terkena dampak angin puting beliug di kecamatan lainnya,” jelas Bupati Darma Wijaya.

Bupati mengatakan Pemkab Sergai terus mencari solusi untuk segera dapat memberikan bantuan dari pemerintah daerah sekaligus berupaya agar rumah warga dapat segera diperbaiki.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sergai melaporkan terkait perkembangan pendataan dari Camat masing-masing daerah yang dilanda musibah puting beliung antara lain Desa Pematang Pelintahan dan Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Desa Paya Lombang Kec. Tebing Tinggi, Desa Bandar Tengah Kec. Bandar Khalifah, Desa Tebing Tinggi, Desa Mangga Dua dan Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin.

Secara keseluruhan total rumah yang mengalami rusak sebanyak 77 rumah dengan rincian rusak berat sebanyk 50 rumah dan rusak ringan 27 rumah,” bebernya.

Dikatakan Fritz bahwa Pemkab Sergai melalui BPBD terus mengupayakan bantuan stimulan berupa Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari pemerintah daerah untuk kebutuhan bantuan perlengkapan renovasi rumah warga seperti seng dan broti, tutupnya.

Turut dalam kunjungan tersebut Camat Sei Rampah, Kades Pematang Pelintahan, Kadus, Satgas Tim Reaksi Cepat, Tagana Desa, warga masyarakat dan Babinkamtibmas.(Azw)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *