Bupati Sergai Ajak Seluruh Pihak Lindungi dan Penuhi Hak-hak Anak

  • Bagikan
Teks foto:Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, ketika.memeluk dan membeeikan pertanyaan kepada anak putra dan putri pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 di Aula Sultan Serdang KompleksKantor Bupati di Firdaus, Sei Rampah, Jumat,28-07-2023.(Beritasore-Azwen)
Teks foto:Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, ketika.memeluk dan membeeikan pertanyaan kepada anak putra dan putri pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 di Aula Sultan Serdang KompleksKantor Bupati di Firdaus, Sei Rampah, Jumat,28-07-2023.(Beritasore-Azwen)

 

SERGAI(Berita)Ajak seluruh pihak lindungi dan penuhi Hak-Hak Anak, kualitas anak dan generasi muda menjadi perhatian kita bersama, bagaimana tumbuh kembang anak akan menentukan tingkat kemajuan bangsa. Ia meyakini, setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial.

Hal ini di katakan Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, dalam kata sambutannya pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 yang di selenggarakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati di Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Jumat,(28/07).

Tidak kalah penting, anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya. Upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang,” ucap Darma Wijaya.

Bagi Bupati, anak-anak Indonesia harus tumbuh sehat, harus sekolah setinggi-tingginya, harus memiliki identitas, harus dibesarkan dengan kasih sayang, harus dilindungi dari kekerasan, eksploitasi dan berbagai perlakuan salah lainnya, serta harus aktif berpartisipasi dan bersuara namun juga harus di dengarkan oleh orang dewasa. Ia meminta, semua harus bergerak menyatukan kekuatan untuk melindungi anak-anak dari hal-hal yang tidak baik agar Indonesia maju karena memiliki generasi yang unggul.

Melihat betapa pentingnya posisi anak sebagai elemen dari masyarakat, ia mengungkapkan sejak tahun 1984 pemerintah menetapkan tanggal 23 Juli sebagai hari HAN.

Peringatan Hari Anak Nasional ini, jelasnya, dilaksanakan setiap tahun baik di tingkat pusat maupun daerah.

“HAN tahun ini merupakan peringatan ke-39 dengan tema “ANAK TERLINDUNGI INDONESIA MAJU” yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa dengan tema ini diharapkan dapat memotivasi kita semua dalam pendidikan/pengasuhan anak; menurunkan kekerasan terhadap anak; menurunkan pekerja anak; mencegah perkawinan anak; memenuhi hak anak; dan perlindungan terhadap anak,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengajak para OPD di Sergai yang terkait untuk aktif bekerja, Saya imbau kepada seluruh OPD dan jajarannya selaku tim gugus tugas kabupaten layak anak sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing untuk benar-benar berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak,” tegasnya.

Khusus kepada anak-anak Sergai, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini, menitip pesan agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar. Ia juga meminta agar anak-anak menghormati orang tua dan guru, cintai keluarga, masyarakat, teman, tanah air, bangsa dan negara.

“Tunaikanlah ibadah, taatilah etika dan jadilah insan berahlak mulia, bangunlah solidaritas, kesetiakawanan dan toleransi serta semangat untuk maju, berprestasi dan berbagi,” katanya memberi nasihat.

Terakhir ia mengajak semua pihak untuk membangkitkan semangat baru dalam membangun bangsa melalui upaya pemenuhan dan perlindungan anak, demi mewujudkan indonesia layak anak pada tahun 2030.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi keluarga kita semua dan majulah anak-anak Serdang Bedagai tercinta. “Anak terlindungi, Indonesia maju”. Serdang Bedagai Maju Terus!,” tandasnya.

Memperingati Hari Anak Nasional di hadiri, Wakil Bupati Sergai, H Adlin Tambunan, mewakili Polda Sumut Kombes (Pol.) Sumaryono, mewakili Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Kualitas Keluarga Dra. Syafiadar Turismiani, MAP. (Azw).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *