Bupati dan Ketua TP PKK Tapsel Panen Perdana Bawang Merah di Desa Simaninggir

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu saat panen perdana bawang di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Rabu (7/2/2024).

TAPSEL (Berita): Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu bersama Ketua TP. PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu melakukan panen perdana bawang merah dengan kelompok tani (Koptan) di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Rabu (7/2/2024).

Disela panen, Dolly mengatakan bahwa, melihat kondisi tanah yang subur di Kecamatan Marancar menurutnya, sangat cocok dalam sektor pertanian untuk menghasilkan panen melimpah untuk melirik menjadi sebuah peluang.

Beberapa waktu lalu katanya, anak-anak muda Tapsel (Petani Millenial) telah berhasil mengirimkan bawang merah hasil dari Tapsel ke luar daerah, “Yang paling penting adalah apa yang kita tanam dari tanah Marancar ini harganya bagus untuk kita semua,” harapnya.

Dia juga mengapresiasi kinerja Kepala Desa Simaninggir yang sudah membimbing masyarakat dan juga telah bekerjasama dengan seluruh pihak terkait dan seraya berpesan agar seluruh masyarakat tetap kompak, dalam memajukan Desa Simaninggir.

Ketua TP PKK Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengajak seluruh masyarakat Desa Simaninggir untuk mengambil peran dalam kelompok tani dengan harapan kedepannya program-program tersebut dapat diteruskan.

“Dengan adanya konsisten dan disiplin ilmu mari kita bersama-sama untuk memajukan petani bawang yang ada di Desa Simaninggir dengan harapan kita semakin sejahtera dan semakin baik lagi,” ucapnya.

Rosalina berharap dengan adanya kolaborasi dan inovasi dapat membawa sektor pertanian Kab.Tapanuli Selatan menuju puncak kesuksesan.

Menurutnya, tanaman bawang sendiri merupakan tanaman unggulan dalam komoditas holtikultura yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan menjadi salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Tapsel.

“Untuk itu, perlu adanya dukungan dan sinergitas dari berbagai pihak untuk mendorong para petani dalam meningkatkan komoditas petani bawang merah di Kabupaten Tapanuli Selatan,” harapnya.

Kadis Pertanian Tapsel, Henri Hamdany Hasibuan melaporkan panen bawang merah ini dilaksanakan di dua kecamatan, yakni Kec. Marancar dan Sipirok.

Untuk Kecamatan Marancar katanya telah melibatkan kelompok tani lestari dari Desa Simaninggir dan kelompok tani dos ni roha dari Desa Gunung Binanga.

“Dengan luas lahan satu hektar, sebaran bibit 1.300 kg, dapat mencapai hasil panen dengan rata-rata 150 kg per petani,” terangnya. (Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *