BKAD Batubara Siapkan Instrumen Kelola Aset Daerah Profesional

  • Bagikan
Berita Sore/alirsyah Kantor BKAD Batubara.

BATUBARA (Berita): Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Batubara akan melakukan inventarisasi dan pemutakhiran aset daerah di tahun 2024 ini.

Hal itu dikatakan Rijali, Kepala BKAD Batubara kepada wartawan belum lama ini.

Menurutnya, Pemkab Batubara, perlu menyiapkan instrumen yang tepat untuk melakukan pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, akuntabel, efisien dan efektif mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan serta pengawasannya.

Lebih lanjut, Rijali menjelaskan, berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Aset adalah sumber daya ekonomi yang dikuasai dan atau dimiliki pemerintah, sebagai akibat dari peristiwa masa lalu.

Kemudian dari mana manfaat ekonomi dan atau sosial di masa depan yang diharapkan dapat diperoleh, baik dari pemerintah maupun masyarakat, serta dapat diukur dalam satuan uang.

Katanya tiga prinsip dasar mengenai pengelolaan aset daerah. Output dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aset suatu daerah yang memiliki fungsi, atau manfaat yaitu, terwujudnya ketertiban administrasi mengenai kekayaan daerah, baik menyangkut inventarisasi tanah dan bangunan.

Sertifikasi kekayaan daerah, penghapusan dan penjualan aset daerah, terciptanya efisiensi dan efektivitas penggunaan aset daerah, pengamanan aset daerah dan tersedianya data atau informasi yang akurat mengenai jumlah kekayaan daerah katanya.

Adanya sistem informasi manajemen aset daerah, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan aset, dan pelibatan berbagai profesi atau keahlian yang terkait seperti auditor internal dan appraisal. (als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *