BI Perwakilan Sibolga Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah

  • Bagikan
Kepala KPw BI Sibolga sedang menyerahkan cendra mata kepada Wali Kota Padang Sidempuan, Senin (13/3). beritasore/Birong RT

P.SIDEMPUAN (Berita): Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga, menggelar sosialisasi gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBP) kepada para guru SMA/SMK di Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sosialisasi berbentuk training of trainers (ToT) bertajuk “Trainer CBP Rupiah untuk Masa Depan” digelar di Emerald Hall Hotel Mega Permata Padang Sidempuan, Senin (13/3).

Acara ini dibuka langsung Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH. MM. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Nasionalisme.

” Dengan cinta, bangga dan paham Rupiah kita bisa menjaga rupiah sebagai salah satu mata uang yang dapat bersaing kompetitif di mata dunia,” ungkapnya.

Selain itu, Irsan juga meminta agar sosialisasi ini tidak hanya dilakukan pada tingkat SMA/SMK, tetapi juga dapat dilaksanakan di tingkat SMP/MTS hingga SD/MI,” harapnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Padang Sidempuan yang diwakili Kasi SMK Benni Damanik memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kerjasama yang telah dijalin dengan Cabdis Pendidikan.

”Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan guru terhadap rupiah,”imbuhnya.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias dalam paparannya mengatakan, kegiatan ToT CBP Rupiah tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya fungsi dan peranan uang dalam perekonomian.

“Kita berharap melalui sosialisasi tersebut masyarakat memahami ciri-ciri keaslian uang rupiah,” sebutnya.

Dikatakan, sosialisasi tersebut menyasar para guru sekolah sebagai peserta ToT, supaya bisa meneruskan informasi tersebut kepada siswa-siswa yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan uang rupiah.

“Kami mengharapkan peranan dari bapak dan ibu guru tadi untuk meneruskan informasi cinta, bangga dan paham rupiah tersebut kepada adik-adik kita di sekolah,”ucapnya.

Menurut Yuliansah, Bank Indonensia meningkatkan kualitas uang rupiah agar tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

”Jadi caranya itu dengan menambahkan unsur-unsur pengaman yang lebih canggih dan terkini, yang banyak dipakai oleh bank sentral negara lain. Teknologi terkini di industri percetakan uang itu kita aplikasikan kedalam uang rupiah kita yang baru,” pungkasnya.

Diakhir acara, Kepala KPw BI Sibolga menyerahkan cendra mata kepada Wali Kota Padang Sidempuan yang didampingi oleh Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *