Wartawan Bertanggung Jawab Mengimplementasikan Konstitusi

  • Bagikan
Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Janedri M. Gaffar saat membuka Turnamen Catur Wartawan Kelompok Wartawan Parlemen (KWP) dalam rangka HUT ke-78 MPR RI di Gedung MPR RI Senayan Jakarta, Minggu (27/8). beritasore/ Ramadhan Usman

JAKARTA (Berita): Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Janedri M. Gaffar berharap wartawan parlemen juga harus ikut partisipasi bersama MPR RI dalam mencetak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air, cinta negara, cinta bangsa ini, sehingga generasi Ini memillki rasa nasionaliame yang tangguh ke depan untuk mempertahankan NKRI.

“Peran wartawan sangat penting untuk ikut bertanggung jawab dalam mengimplementasikan konstitusi.

Utamanya dalam membentuk karakter generasi muda untuk cinta tanah air ini,”ungkap Janedri saat membuka Turnamen Catur Wartawan Kelompok Wartawan Parlemen (KWP) dalam rangka HUT ke-78 MPR RI di Gedung MPR RI Senayan Jakarta, Minggu (27/8).

Turnamen diselenggarakan atas kerja sama MPR dan Percasi yang merangkap menjadi juri memperebutkan Hadiah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Hadir dalam pembukaan turnamen antara lain Kepala Biro Humas dan Sistim Informatika Kesetjenan MPR RI Siti Fauziah, Ketua KWP Ariawan, dan para wartawan MPR/DPR RI.

Dalam sambutan pembukaan turnamen, Janedri menilai tugas MPR RI untuk mengawal konstitusi dan 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD NRI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI) tidak bisa sendirian, melainkan harus diback up oleh pemangku kepentingan, stackholder, diantaranya para wartawan.

“Apalagi konstitusi itu hidup, dinamis, yang tak bisa hanya berdasarkan teks-teks, tapi harus disesuaikan dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Setidaknya ada dua prinsip dalam penyelenggaraan negara setelah dijalankan oleh eksekutif, yudikatif dan legislatif sekarang ini; yaitu Indonesia sebagai negara hukum dan sebagai negara demokrasi dan demokrasi Indonesia harus berdasarkan hukum.

“Prinsip itulah yang harus dijalankan bersama,” tambah Janedjri.

Dengan visi dan misi MPR RI yang luar biasa sebagai rumah kebangsaan, pengamal ideologi Pancasila, dan kedaulatan rakyat, maka peran MPR sangat penting dalam membentuk karakter bangsa.

“Lalu, bagaimana konstitusi itu benar-benar bisa diwujudkan maka dibutuhkan peran wartawan.

Khususnya bagaimana anak muda ini memiliki cinta tanah air dan NKRI ,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua KWP Ariawan mengatakan bahwa Koordinator Wartawan Parlemen (KWP), turut serta memeriahkan rangkaian peringatan HUT ke-78 MPR RI, dengan berbagai macam perlombaan. Seperti turnamen catur ini.

Ariawan menegaskan, turnamen catur yang digelar saat ini adalah turnamen internal KWP, yang pemenangnya nanti akan dilombakan pada bulan November, yakni turnamen catur tingkat nasional yang tentunya akan bekerjasama dengan MPR RI.

“Pemanasannya hari ini untuk teman-teman di internal KWP, selanjutnya kita akan bertanding dengan beberapa Pokja-Pokja yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk bertanding.

Ini yang alih-alih strategi, jadi memang dari pj-nya penanggung jawab dari pengurus dan panitianya dari temen-temen senior,” ungkapnya.

Selain itu menurut Ariawan, lomba catur internal KWP ini, semakin mempererat tali silaturahmi sesama wartawan Parlemen untuk bersinergi dengan MPR RI, termasuk DPR RI dan DPD RI.

“Apalagi, antara jurnalis dengan institusi/Lembaga (MPR/DPR/DPD RI), tempat sehari-hari menjalankan tugas profesinya sudah seharusnya saling mendukung satu sama lain. Dan kita juga berharap akan terus bersinergi,” kata Ariawan.(rms)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *