Rudi Hartono Bangun Dukung Menteri BUMN Laporkan Dugaan Kasus Korupsi PT. Garuda 

  • Bagikan
Rudi Hartono Bangun,  S.E., MAP. beritasore/Ist
Rudi Hartono Bangun,  S.E., MAP. beritasore/Ist

JAKARTA (Berita) :  Wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumut III yang duduk di Komisi VI DPR RI  Rudi Hartono Bangun,  S.E., MAP,  mendukung dan menghargai langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang melaporkan dugaan korupsi PT Garuda Indonesia (Persero) ke Kejaksaan Agung.

Menurut Rudi Hartono Bangun, selain   Garuda Indonesia, Menteri BUMN juga perlu mengambil tindakan kepada perusahaan BUMN lainnya, karena berpotensi meerugikan negara.

“Mengapa (perusahaan BUMN harus ditindak) ? Karena (potensi merugikan negara) itu sudah (terjadi selama) puluhan tahun. Kalau tidak diambil tindakan, semua BUMN akan merugi.

Nah ini adalah (kasus yang) sistematis untuk itu tidak hanya Garuda, tetapi BUMN yang lain dan lembaga-lembaga tinggi  lain juga harus sering diperiksa,” kata Rudi Hartono Bangun dalam relisnya yang diterima, Sabtu (14/1/2022), di Jakarta.

Politisi Partai NasDem itu menambahkan, untuk menghindari potensi adanya korupsi di tubuh perusahaan BUMN, sebagai mitra kerja Kementerian BUMN, Komisi VI DPR RI selayaknya melipatgandakan pengawasan.

Rudi Hartono Bangun mengakui, selama ini pengawasan kepada perusahaan BUMN terlalu renggang.

Untuk itu, ia mengimbau Komisi VI DPR RI memperbanyak pengawasan kepada BUMN, bukan hanya menemui Menteri BUMN.

Selain kepada Garuda, Rudi Hartono Bangun menilai seharusnya dilakukan juga pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Tapi selain Garuda, harus ada pihak lain yang diperiksa dan dilaporkan lagi menurut saya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan dugaan kasus korupsi di lingkungan Garuda Indonesia ke Kejagung pada Selasa (11/1/2022).

Kasus korupsi itu diduga berkaitan dengan pembelian pesawat ATR 72 seri 600. Erick mengatakan, laporan ini bukan hanya sekadar tuduhan.

Ia mengaku telah mengantongi bukti. Menurut Erick, sebelum laporan ini ia buat, sudah dilakukan investigasi. Dari hasil investigasi didapatkan data-data valid mengenai dugaan korupsi dalam pembelian pesawat ATR 72 seri 600.(aya)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *