Pengakuan Internasional Atas Keberhasilan RI Atasi Degradasi Lingkungan

  • Bagikan
Pertemuan bilateral yang dilakukan Menteri LHK Siti Nurbaya di sela-sela pertemuan G-20 di Chennei, India, tanggal 27 - 28 Juli 2023 . beritasore/Ist

JAKARTA (Berita): Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memenuhi sejumlah undangan pertemuan bilateral negara sahabat dan multialteral di sela-sela pertemuan G-20 di Chennei, India, tanggal 27 – 28 Juli 2023 .

Pertemuan dengan Menteri Lingkungan dan Perubahan Iklim Kanada, Steven Guilbeault diawali dengan catatan Menteri Kanada yang memberikan ucapan selamat kepada Indonesia yang sudah mulai menerapkan nilai ekonomi karbon.

Menteri Kanada menawarkan kerjasama pertukaran imformasi dan pengetahuan dalam penerapan perdagangan emisi karbon dan nilai ekonomi karbon yang sudah diterapkan cukup luas di Kanada dan harga karbon yang cukup baik, pada kisaran 30 USD hingga 65 USD per ton.

Pemerintah Federal Kanada menyalurkan hasil perdagangan tersebut kepada individu, keluarga, dan bisnis sehingga mereka dapat melakukan investasi untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi karbon.

Kedua Menteri sepakat untuk bekerjasama dalam penerapan Artikel 5 dan 6 Paris Agreement.

Menteri Siti juga bertemu dengan Direktur Eksekutif UNEP Inger Andersen, yang secara khusus mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam menangani isu lingkungan, terutama terkait deforestasi, pengelolaan danau, pengurangan merkuri melalui Konvensi Minamata dan penanganan sampah plastik.

Disampaikan secara khusus ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan, Inge menyebutkan tentang hal tersebut sebagai “legend” leadership Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Inge akan menindak lanjuti usulan Menteri Siti untuk mengembangkan kompatibilitas metode dalam melakukan (forest) land inventory and deforestation assessment, khususnya untuk negara-negara dengan hutan tropis agar terdapat data deforestasi yang adil bagi seluruh negara.

Pertemuan bilateral lain dilakukan dengan Jennifer Morgan, Menteri Negara dan Utusan Khusus Perubahan Iklim Pemerintah Jerman, untuk updating agenda pemerintah Indonesia dan Jerman dalam agenda iklim dan khususnya terkait energi baru dan terbarukan yang akan dibawa Indonesia pada COP UNFCC, Dubai 2023 mendatang.

Selain itu, juga dibahas komitmen terbaru untuk pencapaian target penurunan emisi.

Utusan khusus Jerman juga memberikan apresisasi kepada program perhutanan sosial yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia dan kerjasama pemulihan ekosistem mangrove dan gambut yang dilakukan oleh kedua negara.

Dalam pertemuan-pertemuan bilateral itu Menteri didampingi Dirjen PHL Agus Justianto, Dirjen KSDAE Satyawan Pudyatmoko, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Sigit Reliantoro dan Dubes RI untuk India Ina Khrisnamurti. (rel)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *