Medsos Wadah Efektif Satukan Bangsa

  • Bagikan
Berita Sore/ist Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

MEDAN (Berita): Dengan perkembangan teknologi yang pesat, media sosial menjadi wadah yang sangat efektif untuk menyatukan berbagai individu di seluruh Nusantara.

“Sebagai negara kepulauan dengan beragam suku, agama, dan budaya, media sosial memiliki peran yang sangat signifikan dalam mempersatukan bangsa Indonesia,” kata Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI Jumat (15/3/2024).

Meutya menilai dengan memanfaatkan platform-platform seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube, maka kita dapat berbagi nilai-nilai persatuan, memperkuat rasa kebangsaan, dan mempromosikan keragaman budaya Indonesia.

Hal itu juga pernah ditegaskannya pada seminar Literasi Digital bertajuk “Media Sosial sebagai Wadah Pemersatu NKRI” di Medan pada awal Pebruari 2024.

Meutya menambahkan bahwa melalui diskusi yang konstruktif dan saling menghormati di media sosial, kita dapat membangun ruang publik yang inklusif dan menyatukan berbagai kelompok dan lapisan masyarakat.

“Mari bersama-sama memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk merayakan keberagaman Indonesia dan memperkuat fondasi persatuan dalam NKRI,” tambahnya

“Salah satu alasan mengapa media sosial dapat dijadikan wadah pemersatu NKRI adalah karena platform ini dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Tokoh Masyarakat Tebing Tinggi, Denny Kurniawan juga mengatakan bahwa dengan adanya media sosial, informasi dan pemikiran dapat dengan mudah disebarkan ke berbagai daerah tanpa terkendala oleh batas geografis.

“Hal ini memungkinkan adanya pertukaran ide dan budaya antar masyarakat yang beragam, sehingga dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara mereka,” ucapnya

Denny Kurniawan juga menambahkan media sosial juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperkuat kesadaran akan pentingnya NKRI sebagai sebuah bangsa yang beragam namun tetap bersatu.

“Melalui media sosial, masyarakat dapat terus diingatkan akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman,” ujarnya.

“Dengan penggunaan yang bijak dan bertanggung jawab, media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk memperkuat integrasi nasional dan menjaga keutuhan NKRI,” tutupnya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *