Soal Penyakit, DPRD Medan Minta RPH Perketat Pengawasan Daging Sapi

  • Bagikan

MEDAN (Berita):  DPRD Medan meminta Rumah Potong Hewan (RPH) dan Dinas Kesehatan Kota Medan perketat masuknya sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Ini harus lekas diantisipasi. Sebab ada kecenderungan warga Medan mulai khawatir dalam mengonsumsi daging sapi mengingat merebaknya penyakit PMK,” ungkap Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Medan, Haris Kelana Damanik, Kamis (19/5/2022).

Diketahui, saat ini terdapat 389 ternak sapi di Kabupaten Deliserdang yang diserang penyakit PMK.

Haris menjelaskan bahwa Deliserdang yang berbatasan langsung dengan Kota Medan, merupakan jalur utama lalu lintas menyalurkan beragam produk barang dan jasa, diantaranya juga kebutuhan daging dan lainnya.

Terlebih, sejumlah ternak sapi yang diserang penyakit PMK itu ada di lima kecamatan di Deliserdang, diantaranya Percut Seituan dan Tanjungmorawa.

“Jadi memang harus lekas diantisipasi serius PUD RPH dan OPD terkait. Apalagi dalam waktu dekat umat Islam akan melaksanakan pemotongan hewan qurban pada perayaan Idul Adha,” ujar Haris.

Haris yang juga Ketua Komisi IV DPRD Medan ini juga mengimbau masyarakat Kota Medan tidak perlu cemas secara berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi meski kewaspadaan itu juga sangat perlu.

“Pihak RPH dan Dinas Kesehatan juga perlu memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa Kota Medan masih terbebas dari masuknya hewan sapi terserang PMK,” pungkasnya.(mz)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *