PWI dan PFI sukses gelar Uji Kompetensi Wartawan.

  • Bagikan
Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI), para penguji, dan Dewan Pers. UKW ini dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Medan, Sumatera Utara tanggal 7- 8 Maret 2024.
Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI), para penguji, dan Dewan Pers. UKW ini dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Medan, Sumatera Utara tanggal 7- 8 Maret 2024.

MEDAN (Berita) : Uji Kompetensi Wartawan yang difasilitasi oleh Dewan Pers bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI)
sukses digelar di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 7-8 Maret 2024.

Penguji dari PWI sebanyak 6 orang yaitu M.Syahrir, Rizal Rudi Surya, Dedi Syahputra, Austin Tumengkol, Andi, Firdaus Komar.

Adapun peserta UKW dari PWI sebanyak 33 orang, yang dinyatakan kompeten sebanyak 21 orang , yang belum kompeten sebanyak 12 orang.

Sementara itu penguji dari PFI adalah Gino Franki Hadi, Dhiky Sastra, Hermanus Prihatna, Saptono.

Peserta UKW dari PFI sebanyak 24 orang, dan dinyatakan semuanya berkompeten.

Firdaus Komar selaku LUKW PWI
pada kata sambutan acara penutupan UKW yang difasilitasi oleh Dewan Pers ini mengucapkan selamat untuk peserta yang telah dinyatakan kompeten dan terimakasih kepada Dewan Pers, Penguji, para peserta UKW, PWI Sumatera Utara, dan PFI Kota Medan. UKW merupakan konsen
Dari lembaga uji PWI secara keseluruhan berkaitan dengan peningkatan kompetensi dan kualitas wartawan. Firdaus mengatakan, Sumatera Utara merupakan yang pertama di tahun ini untuk pelaksanaan UKW yang difasilitasi Dewan Pers yang berkolaborasi dengan PWI dan PFI, ternyata bisa dan berjalan dengan sukses. Selanjutnya PWI akan melakukan UKW yang di fasilitasi Dewan Pers di 21 propinsi lainnya.

Hermanus Prihatna penguji dari PFI, mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pers yang telah memfasilitasi UKW ini. UKW di Sumatera Utara ini sangat penting karena daerah ini akan menyelenggarakan PON dalam waktu dekat, dan UKW adalah syarat utama untuk melakukan peliputan bagi pewarta foto. Selanjutnya PFI akan berkolaborasi lagi dengan PWI untuk menyelenggarakan UKW di Jawa Timur.

Tri Agung Kristanto selaku Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan pengembangan profesi Dewan Pers, pada acara penutupan UKW ini mengucapkan selamat kepada peserta yang telah dinyatakan kompeten. Tri Agung mengatakan, Dalam hal upaya mewujudkan jurnalisme berkualitas para wartawan harus melakukan upaya -upaya perbaikan diri, dan salah satunya adalah Uji Kompetensi ini. Salah satu materi yang diujikan adalah Kode Etik Jurnalistik, dan hal ini harus selalu diterapkan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dewan Pers dalam tahun ini menargetkan 1500 orang yang berkompeten. (Zul).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *