Perlu Kedewasaan Dalam Pemanfaatan Gadget

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Inisiator Gerakan Gadget Sehat Prof Ridha Dharmajaya menyebutkan, pemanfaatan teknologi informasi dewasa ini seringkali tidak tepat sehingga seringkali malah merugikan penggunanya sendiri.

Selain itu pengawasan penggunaan gadget pun sering alpa dilakukan terutama pada anak-anak dan remaja.

“Kalau kita lihat kondisi saat ini misalnya orang berlomba memakai gadget / HP bukan lagi karena kebutuhan tapi lebih pada keinginan.

Itu dapat dilihat misalnya informasi apa yang dicari pengguna di gadgetnya,” ujar Prof Ridha Dharmajaya, spesialis Bedah Saraf tersebut di Medan, Senin (7/7)

Menurut Prof Ridha, sekarang ini banyak muncul komentar-komentar tidak produktif dan content yang tidak mendidik dari para pengguna gadget.

“Ini belum lagi bila kita analisa dari sudut kesehatan fisik. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa perlu pembatasan screentime dalam penggunaan gadget.

Mata kita punya hak untuk istirahat, leher dan kepala kita juga demikian. Kadang sikap meremehkan atas penyakit terjepitnya saraf itu dialami karena belum pernah mengalaminya, padahal itu bukan resiko yang ringan,” lanjut akademisi USU ini.

Guru Besar FK USU ini mengingatkan para pengguna gadget agar tidak meremehkan resiko dari penggunaan gadget itu sangat berbahaya.

Hal tersebut sama dengan pentingnya bersikap dewasa ketika membuat content, postingan dan komentar karana gadget adalah dunia sosialiasi juga.

“Tanpa kedewasaan maka seorang anak akan rentan terkena resiko kesehatan dan problem sosial seperti bully dan kriminalitas lainnya,” tutup alumni HMI ini.(att

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *