Pemred Harian Waspada Terima Press Card Number One

  • Bagikan
Pemred Harian Waspada H. Prabudi Said
Pemred Harian Waspada H. Prabudi Said

MEDAN (Berita ): Pemimpin Redaksi Harian Waspada H. Prabudi Said resmi terpilih sebagai penerima Press Card Number One (PCNO) atau kartu pers nomor satu dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Nantinya, Press Card Number One ini akan diserahkan pada kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang diselenggarakan pada 7-10 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Rencananya, malam puncak HPN 2022 pada 9 Februari mendatang akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana dalam pemberitahuannya, Sumatera Utara diwakili dua tokoh pers yang akan menerima PCNO. Selain Prabudi Said, Supandi Kusuma yang juga Pemimpin Umum Harian Analisa bakal menerima penghargaaan tersebut.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut M Syahrir, mengakui pihaknya sudah menggelar rapat serta memutuskan dan merekomendasi dua nama yang dinilai layak untuk menerima Press Card Number One dari Sumut. Keduanya adalah Prabudi Said dan Supandi.

“Kedua tokoh pers ini sendiri direkomendasi karena dinilai layak dan dianggap memiliki konsistensi dalam mengembangkan dunia jurnalistik di Sumut. Khususnya, Bang Prabudi Said tentu tidak perlu diragukan lagi, mengingat beliau memiliki kedua orang tua yang juga tokoh pers nasional,” ujarnya.

Selain itu, kata Syahrir, penerima PCNO memang memiliki beberapa persyaratan. Misalnya, berusia minimal 50 tahun dan sudah lebih dari 30 tahun mengabdi untuk dunia jurnalistik.

“Banyak tokoh di Sumut, yang memang belum menerima penghargaan tertinggi dari PWI Pusat ini. Namun ketika PWI Sumut merekomendasi dua nama ini, PWI Pusat tidak menolaknya.  Lagi-lagi ini menandakan bahwa keduanya memang sudah dianggap layak,” sebut Syahrir.

Dengan demikian, Prabudi Said dan Supandi bakal menyusul prestasi beberapa tokoh pers lain di Sumut yang sudah menerima penghargaan serupa. Mereka adalah H. Teruna Jasa Said, M. Yazid, Muhammad TWH, Ronny Simon, Sofyan Harahap, dan lainnya.

“Di tingkat nasional, ada Karni Ilyas, Goenawan Muhammad, Rosihan Anwar, Jakob Oetama, dan lainnya,” tutur Syahrir. (Adt)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *