Konsulat AS Bangun Kantor Baru Di Medan

  • Bagikan
Dari kiri ke kanan: Konjen AS untuk Sumatera Gordon Church, staf ahli Gubsu H Agus Tripriyono, Dubes AS untuk Indonesia Sung Y Kim dan Wakil Walikota Medan Aulia Rachman pada acara soft launching pembangunan gedung baru Konsulat Jenderal AS di Jalan Mongonsidi Medan, Rabu (17/11). beritasore/laswie wakid
Dari kiri ke kanan: Konjen AS untuk Sumatera Gordon Church, staf ahli Gubsu H Agus Tripriyono, Dubes AS untuk Indonesia Sung Y Kim dan Wakil Walikota Medan Aulia Rachman pada acara soft launching pembangunan gedung baru Konsulat Jenderal AS di Jalan Mongonsidi Medan, Rabu (17/11). beritasore/laswie wakid

MEDAN (Berita): Amerika Serikat segera membangun gedung kantor baru buat Konsulatnya di Medan menelan biaya sekira 250 juta dolar AS.

Soft launching pembangunan gedung baru yang berlokasi di Jalan Mongonsidi Medan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Sung Y Kim dan Konsul Jenderal AS untuk Sumatera Gordon Church Rabu (17/11).

Hadir di sana staf ahli Gubsu H Agus Tripriyono mewakili Gubsu Edy Rahmayadi dan Wakil Walikota Medan Aulia Rachman.

Kepada wartawan Dubes AS untuk Indonesia Sung Y Kim didampingi Konjen AS untuk Sumatera Gordon Church mengatakan pembangunan gedung baru Konsulat AS di Medan semakin memperkuat kemitraan AS dan Indonesia di Sumatera.

Dubes Kim menyampaikan bahwa pembangunan ini merupakan perwujudan komitmen Amerika Serikat di Indonesia dan upaya konkrit untuk memperkuat kemitraan AS dan Indonesia di Sumatera.

“Saya berterimakasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Walikota dan pihak-pihak lain yang mendukung kami selama ini dalam proses pembelian lahan dan persiapan pembangunan gedung,” ungkapnya.

Menurut Kim, proyek gedung baru ini merupakan simbol kemitraan AS di Sumatera. Gedung baru ini diperkirakan menelan dana pembangunan sekira 250 juta dolar AS.

“Siap dua atau tiga tahun ke depan. Ini tak dapat terwujud tanpa dukungan semua pihak,” katanya.

Ia menyebut dirinya sudah setahun menjabat Dubes AS untuk Indonesia, tapi kunjungan ke Medan tertunda terus karena pandemi Covid-19, sehingga baru hari ini dapat terwujud.

Memerangi pandemi Covid-19 ini perlu kebersamaan semua pihak. Dia sendiri mengapresiasi Pemprovsu dan Pemko Medan dalam memerangi Covid-19 ini.

Amerika terus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia dalam mengatasi Covid ini. Sampai sekarang Amerika telah mengirim lebih 13 juta vaksin ke Indonesia.

AS juga mendonasi 1.000 ventilator yang sebagian digunakan di rumah sakit yang ada di Sumatera Utara. “Dalam beberapa bulan ke depan kami akan menyumbangkan lebih banyak lagi vaksin dan ventilator,” ungkapnya.

Selain kesehatan, kata Kim, pihaknya juga bekerjasama dalam berbagai bidang seperti pendidikan, investasi dan perdagangan. “Kantor baru Konsulat AS nanti akan jadi pengingat dan jembatan hubungan kemitraan kedua negara,” kata Dubes Kim.

Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church menambahkan gedung ini bukan sekedar kantor yang baru bagi kami melainkan simbol komitmen Amerika Serikat untuk Indonesia, terutama di Sumatera.

“Saya menantikan untuk membangun gedung ini, untuk membangun hubungan yang semakin dekat dan kuat dengan Indonesia, dan menghadapi tantangan yang akan datang bersama-sama,” ungkap Church.

Pembangunan gedung konsulat diharapkan dapat selesai dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan.

Dalam kunjungannya ke Medan kemarin (11/16), Dubes Sung Y. Kim juga membuka pameran ilustrasi atau art wall karya illustrator lokal Medan yang menggambarkan kerjasama AS-Indonesia di bidang lingkungan, kesehatan dan pendidikan di rumah dinas Konsul AS di Medan. (wie)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *