Konjen Jepang Rayakan HUT Ke- 63 Kaisar Naruhito

  • Bagikan
Konjen Jepang di Medan Takonai Susumu (kanan) toast minuman dengan Wagub Sumut Musa Rajekshah menandai perayaan ulang tahun ke 63 Kaisar Jepang Naruhito di Hotel Grand City Hall Medan Kamis (2/3) malam. beritasore/laswie wakid

MEDAN (Berita): Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan merayakan hari ulang tahun Ari Baginda Kaisar Naruhito secara sederhana, namun meriah

Resepsi HUT Kaisar Jepang Naruhito itu digelar di Hotel Grand City Hall Jalan Balai Kota Medan Kamis (2/3) malam. Perayaan ditandai dengan toast minuman antara Konsul Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. Diikuti semua tamu yang hadir  juga melakukan toast minuman.

Konjen Takonai menjamu tamu-tamu terhormatnya antara lain Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Sekda Provsu Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara Doddy Zulverdi, Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Ibrahim.

Juga sejumlah Konsul negara sahabat yang ada di Medan antara lain Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Gordon Church, Konsul Jenderal Malaysia di Medan Aiyub Omar, Konsul Jenderal India di Medan Subham Singh, Konsul Kehormatan Timor Leste Irwansyah dan para pengusaha mitra Jepang yang ada di daerah ini.

Konjen Takonai Susumu mengatakan Kaisar Naruhito lahir pada 23 Pebruari 1960 dan genap 63 tahun pada tahun 2023. Kaisar Naruhito dinobatkan sebagai Kaisar Jepang pada 1 Mei 2019 sekaligus merupakan Kaisar ke 126. Selama pandemi Covid-19, dua tahun terakhir Konjen Jepang tidak merayakan ulang tahun Kaisar.

“Berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 dilakukan pemerintah dan masyarakat Sumut sehingga tahun ini awal digelar kembali resepsi ulang tahun Kaisar Jepang,” jelas Takonai yang sangat fasih berbahasa Indonesia.

Menurutnya dunia berubah drastis selama tiga tahun ini dan kegiatan Konsulat juga berdampak. Banyak kegiatan rutin dihentikan. “Kini situasi mulai normal, Jepang kembali membuka masuk wisatawan asing termasuk dari Indonesia,” jelasnya.

Tahun 2023 memiliki arti istimewa bagi Jepang dimana saat ini merayakan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Jepang – Indonesia.

Saat ini Jepang dan Indonesia memiliki hubungan mesra seiring dengan perkembangan Indonesia dan kemajuan teknologi internet. “Hubungan kita diperkuat dan diperluas bukan hanya bidang ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata,” katanya.

Tahun ini, tambah  Konjen Takonai, merupakan peringatan 50 tahun hubungan ASEAN – Jepang. “Saya mendoakan kesehatan Kaisar Naruhito dan berharap ke depannya wilayah Sumatera dapat semakin berkembang. Hubungan Jepang dan Indonesia sebagai sahabat sejati semakin bertumbuh dan berakar kuat,” ungkap Konjen Takonai.

Menghadiri perayaan ini, Wagub Sumatera Sumut Musa Rajekshah turut memberikan doa. “Kita hadir di sini karena kita mau mendoakan Kaisar Jepang dalam ulang tahunnya yang ke-63.

Saya mengajak kita semua berdoa untuk kesehatan dan kebahagiaan Kaisar Jepang dan keluarga,” ujar Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah.

Belum lama ini, lanjut Ijeck Jepang dan Indonesia menyambut terjalinnya 65 tahun hubungan diplomatik, ia pun berharap hubungan baik Jepang dan Indonesia khususnya di Sumut bisa terus terjaga.

Ijeck mengapresiasi Konsulat Jenderal Jepang di Medan Takonai Susumu yang telah lancar berbicara dengan bahasa Indonesia.

“Mister Takonai bahasa Indonesia sudah cukup bagus, sayang kami di sini belum bisa bahasa Jepang. Jadi terima kasih untuk Mister Takonai selama bertugas di sini mau belajar dan mengikuti adat istiadat, budaya yang ada di Indonesia khususnya Sumut,” katanya.

Selain itu, Ijeck juga mengaku kualitas pendidikan di Jepang sangat baik sehingga tak heran banyak generasi muda yang ingin kuliah di Jepang termasuk putranya.

“Saat ini banyak siswa-siswi yang ingin kuliah berangkat ke Jepang. Saya sampaikan anak saya pun berkeinginan ingin sekolah ke Jepang mudah-mudahan hubungan baik ini bisa terus berlanjut,” ujar Ijeck. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *