Ketua PWI Sumut Berharap Pejabat Harus Terbuka Informasi, Apalagi Soal APBD

  • Bagikan
Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik (kanan) bersama Kepala BPKAD Sumut M Ismael P Sinaga (dua kanan) dan pembicara lainnya pada Refleksi Akhir Tahun BPKAD Sumut di lantai 10 Gedung Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan Selasa (28/12). beritasore/ist
Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik (kanan) bersama Kepala BPKAD Sumut M Ismael P Sinaga (dua kanan) dan pembicara lainnya pada Refleksi Akhir Tahun BPKAD Sumut di lantai 10 Gedung Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan Selasa (28/12). beritasore/ist

MEDAN (Berita) : Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan apresiasi kepada BPKAD Sumatera Utara yang berani menggelar refleksi akhir tahun 2021 dan menuntut institusi ini agar tetap terbuka memberikan informasi, terlebih dalam penggunaan anggaran.

Farianda mengatakan hal itu ketika menjadi salah satu pembicara pada Refleksi Akhir Tahun 2021 yang digelar Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di lantai 10 Gedung Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (28/12).

Acara yang dibuka Pj Sekda Provsu H Afifi Lubis itu juga menampilkan pembicara lainnya dari akademisi M Joharis Lubis dan M Fikri Ramadhana serta Kepala BPKAD Sumut M Ismael P Sinaga.

“Kami berharap pejabat harus terbuka informasi. Apalagi soal APBD, yang dikelola itu uang rakyat, maka rakyat harus tahu,” tegasnya.

Farianda berharap, kegiatan yang sama dapat diadopsi daerah Kabupaten/Kota lain serta OPD yang sama.

Begitu juga dengan penggunaan digitalisasi soal keuangan. Karena menurut Farianda penggunaan digitalisasi akan mampu mendongkrak memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Farianda juga menyoroti terkait pengerjaan proyek di Sumut dimana setiap pengerjaan itu dikerjakan diatas bulan Juni setiap tahunnya.

Hal itu menurut Farianda dapat mengurangi kualitas karena dikerjakan buru-buru dan musim hujan. “Tentu hasilnya dikuatirkan kurang maksimal dan tidak tepat sasaran,” ujar Farianda.

Sebelumnya, Pj Sekda Pemerintah Provinsi Sumut H Afifi Lubis SH dalam sambutannya setelah membuka acara refleksi akhir tahun 2021 BPAKD mengatakan  acara refleksi merupakan yang pertama.

Sedangkan niat mengundang Ketua PWI beserta anggotanya sangat berkeinginan mendapat koreksi dari insan pers. Sehingga pengelolaan keuangan daerah lebih sehat ke depannya.

“Ini salah satu bukti kami akan lebih transparan butuh koreksi dari wartawan sehingga kami bekerja lebih baik di tahun 2022 dan ke depannya,” imbuh Afifi.

Kepala BPKAD  Sumut  Ismael Sinaga menyebut sangat berharap dukungan dari PWI Sumut dalam mensosialisasikan kinerja ASN di Pemprovsu kepada masyarakat dalam peningkatan pembangunan.

“Kami tetap berharap ada kontrol sosial setiap pelaksanaan program terutama penyerapan anggaran,” ujar Ismael. (rel/wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *