India Kirim 25 Pejabat Pemprov Sumut Ikut Program ITEC

  • Bagikan
Berita Sore/ist Konjen India di Medan Shubham Singh bersama 25 pejabat Pemprov Sumut yang akan mengikuti program ITEC di India Selasa (16/4/2024).

MEDAN (Berita): Pemerintah India memfasilitasi pelatihan untuk Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam Program Kerja Sama Teknis dan Ekonomi India (ITEC).

Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh Selasa (16/4/2024) mengatakan
pemerintah India mengirimkan 25 pejabat dari pemerintah Sumatera Utara untuk menjalani pelatihan dalam Program Kerja Sama Teknis dan Ekonomi India (ITEC) di India.

Para pejabat ini akan mengikuti program pelatihan pertanian intensif yang berjudul “Agri Tech Start-ups for Enhancing the Agri Value Chain” di National Institute of Agricultural Extension Management (MANAGE), Hyderabad, India dari tanggal 19 April 2024 hingga 2 Mei 2024.

Para pejabat Sumatera Utara ini berasal dari berbagai departemen seperti Departemen Industri, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Departemen Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Biro Administrasi Kepemimpinan, Biro Organisasi, Departemen Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Departemen Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

Konsulat Jenderal India di Medan mengeluarkan visa kepada 25 pejabat ini hari ini (16 April 2024). Perlu diketahui bahwa ada 3 kelompok yang akan dikirim ke India untuk menjalani pelatihan dalam program ITEC.

Kelompok pertama telah berhasil menyelesaikan Program Pelatihan IT, yang diselenggarakan di Centre for Development of Advanced Computing (CDAC) di New Delhi dari tanggal 19 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024, dimana mereka berasal dari berbagai departemen.

Seperti Biro Organisasi, Biro Umum, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kantor Hukum, Biro Ekonomi, Biro Kesejahteraan Rakyat, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, dan Biro Administrasi. Kelompok saat ini yang terdiri dari 25 pejabat merupakan kelompok kedua.

Kelompok ketiga yang terdiri dari 15 pejabat dari Pemerintah Sumatera Utara juga akan menjalani program pelatihan IT komprehensif dalam Sertifikasi Kursus Iterasi ICT Umum di Centre for Development of Advanced Computing di New Delhi, India pada bulan Mei 2024.

Program Kerja Sama Teknis dan Ekonomi India, yang disingkat ITEC, merupakan platform pembangunan kapasitas yang sepenuhnya didanai oleh Kementerian Luar Negeri, Pemerintah India.

Dibentuk pada tahun 1964, ITEC merupakan salah satu pengaturan yang terlembaga secara tertua untuk pembangunan kapasitas internasional yang telah melatih lebih dari 200.000 pejabat dari 160+ negara baik di sektor sipil maupun pertahanan. Program ITEC terbuka untuk semua individu yang mencari peningkatan kapasitas, tidak terbatas pada pejabat pemerintah.

Inisiatif ini tidak hanya memperkuat hubungan yang sudah lama antara India dan Indonesia, tetapi juga memperingati peringatan 75 tahun pendirian hubungan diplomatik antara India dan Indonesia, menegaskan semangat kerjasama dan persahabatan yang berkelanjutan antara kedua negara. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *