India Kirim 15 Pejabat Pemprov Sumut Ikuti Program ITEC

  • Bagikan
Berita Sore/ist Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh (tengah) foto bersama 15 pejabat Pemprov Sumut di halaman Kantor Konjen India di Medan Kamis (15/2/2024).

MEDAN (Berita): Pemerintah India memfasilitasi pelatihan untuk pejabat Sumatera Utara dalam Program “The Indian Technical and Economic Cooperation” (ITEC).

Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh dalam rilisnya diterima Kamis (15/2/2024) malam mengatakan pemerintah India mengirimkan 15 pejabat dari pemerintah Sumatera Utara untuk mengikuti
pelatihan dalam Program Kerja Sama Teknis dan Ekonomi India (Program ITEC) di India.

Para pejabat ini akan mengikuti Program Pelatihan Teknologi Informasi (IT) intensif sebagai bagian dari Kursus Sertifikasi dalam Iterasi ICT Umum – I di Centre for Development of Advanced Computing (CDAC), New Delhi dari tanggal 19 Pebruari 2024 hingga 1 Maret 2024.

Singh mengatakan para pejabat Sumatera
Utara ini berasal dari berbagai departemen seperti Biro Organisasi, Biro Umum, Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kantor Hukum, Biro Ekonomi, Biro Kesejahteraan Rakyat, Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah dan Biro Administrasi.

Konsulat Jenderal India di Medan telah mengeluarkan visa kepada 15 pejabat ini pada Kamis (15 Pebruari 2024). Para pejabat ini akan melakukan perjalanan ke India tanggal 18 Pebruari 2024.

Sebagai upaya kolaboratif lainnya, 25 pejabat dari pemerintah Sumatera Utara akan mengikuti program pelatihan pertanian yang berjudul “Agri Tech Start-ups for Enhancing the Agri Value Chain” di National Institute of Agricultural Extension Management (MANAGE), Hyderabad, India pada bulan April 2024.

Kelompok lainnya berjumlah 15 pejabat dari Pemerintah Sumatera Utara juga akan mengikuti program pelatihan IT yang komprehensif di bawah Kursus Sertifikasi dalam Iterasi ICT Umum di Centre for Development of Advanced Computing, New Delhi, India pada bulan Mei 2024.

Singh menyebut program Kerja Sama Teknis dan Ekonomi India (ITEC) merupakan platform pembiayaan penuh terkemuka dari Kementerian Urusan Luar Negeri, Pemerintah India untuk membangun kapasitas.

Dimulai sejak tahun 1964, ITEC merupakan salah satu pengaturan terlama untuk membangun kapasitas internasional yang telah melatih lebih dari 200.000 pejabat dari 160+ negara baik di sektor sipil maupun sektor pertahanan.

“Program ITEC terbuka bagi semua individu yang mencari peningkatan kapasitas, tidak terbatas pada pejabat pemerintah,” ungkap Singh.

Inisiatif ini tidak hanya memperkuat hubungan yang sudah lama antara India dan Indonesia tetapi juga memperingati peringatan 75 tahun pendirian diplomatik India-Indonesia, yang menekankan semangat kerjasama dan persahabatan yang langgeng antara kedua negara. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *