Didukung IUWASH, SPAM Mebidang Tahap Penetapan Tarif Air Curah

  • Bagikan
IUWASH Tanggung gelar workshop SPAM Mebidang baru - baru ini. Beritasore/ist

MEDAN (Berita): Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Medan Binjai Deliserdang (Mebidang) saat ini telah memasuki tahap akhir konstruksi IPA (Instalasi Pengolahan Air) dan JDU (Jaringan Distribusi Utama).

Siaran pers dari USAID Indonesia Resillent Water Sanitation and Hygiene (IUWASH Tangguh) Rabu (15/3) memaparkan hal itu bahwa kini proses air Mebidang sudah hampir rampung.

Berikutnya, yang perlu ditindaklanjuti adalah proses penyerapan SR (sambungan rumah). Sebagai salah satu bentuk pengejewantahan komitmen kerjasama antara stakeholder, perlu ditindaklanjuti dengan kesepakatan mengenai penetapan tarif air curah yang akan didistribusikan kepada pelanggan/masyarakat melalui offtaker (penerima/pembeli).

Dalam hal ini adalah Perumda Tirtanadi, PDAM Tirta Sari, PDAM Tirta Deli, yang melayani pelanggan/masyarakat di Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang.

USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) dalam rangka mendampingi SPAM Mebidang melaksanakan Workshop Penyepakatan Tarif Air Curah SPAM Regional Mebidang di Medan, Senin (13/3).

USAID IUWASH Tangguh adalah kegiatan lima tahun untuk memajukan tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat ketahanan iklim layanan air minum dan sanitasi serta pengelolaan sumber daya air.

Dalam kemitraan yang erat dengan Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH Tangguh mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk memastikan akses ke air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) dan untuk membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (SDG 11).

Workshop ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi yang berlangsung pada tanggal 2 Februari 2023, bertempat di Kantor USAID IUWASH Tangguh Wilayah Sumatera Utara (NSRO), dengan hasil naskah tarif air curah SPAM Regional Mebidang telah tersusun.

Sebagai tindak lanjut dari Rapat-rapat koordinasi pembahasan dan penyepakatan usulan tarif air curah SPAM Regional Mebidang yang dihadiri oleh BPPW Prov. Sumut, bersama dengan Perumda Tirtanadi, PDAM Tirta Deli, PDAM Tirtasari, OPD yang terkait di tingkat Provinsi Sumatera Utara,

Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang serta BPKP.

“Naskah tarif air curah SPAM Regional Mebidang yang telah disusun, maka perlu dilakukan Workshop Penyepakatan Tarif Air Curah SPAM regional Mebidang,“ ujar Fuad Perkasa, SH selaku Kepala Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappelitbang Sumut mewakili Kepala Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara.

Yosi Sukmono mewakili tim SPAM Regional Mebidang, menjabarkan alur penyusunan tarif SPAM Regional Mebidang yang terlaksana sejak Desember 2022. Di bulan tersebut, tepatnya di tanggal 9 adalah inisiasi penyusunan skema tarif SPAM Regional Mebidang.

Dilanjutkan kemudian tanggal 20 di bulan yang sama dengan harapan akan adanya kesepakatan tarif secara definitif dengan range atau diferensiasi tarif untuk masing-masing offtaker. Berselang tujuh hari kemudian terselenggara pertemuan berikutnya.

Dengan pertemuan di bulan Januari 2023 tepatnya di tanggal 4, 11, dan 18. Terakhir sebelum workshop adalah pertemuan tim SPAM Regional Mebidang di tanggal 2 Pebruari sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Dengan adanya penentuan tarif air curah, tidak hanya kualitas air minum aman yang dapat dilayani tetapi ketersediaan air secara kuantitas (jumlah) yang memadai sehingga pada akhirnya akses akan air minum aman akan tercapai demi kesejahteraan masyarakat. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *