Bawaslu Sumut Gelar Rakor dan Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024

  • Bagikan
Berita Sore/ist Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, M Aswin Diapari Lubis ketika membuka Rakor dan evaluasi pengawasan Pemilu 2024 di Tor Sibohi Nauli Hotel Siipirok, Kabupaten Tapsel.

MEDAN (Berita): Badan Pengawas Pmilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumut menggelar rapat kordinasi (Rakor) dan evaluasi pengawasan Pemilu 2024.

Dalam siaran pers dilansir beritasore.co.id, Senin (6/5/2024) disebutkan, Rakor digelar dalam rangka persiapan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024 ini.

Rakor yang dilaksanakan di Tor Sibohi Nauli Hotel Siipirok, Kabupaten Tapsel, Jumat, (3/5/2024) itu dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, M Aswin Diapari Lubis.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan menciptakan kepemimpinan berintegritas dan transparan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang akan dihadapi.

“Kegiatan ini memiliki manfaat bagi kita semua untuk mempersiapkan diri, baik secara mental dan paham aturan guna menghadapi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang,” kata Aswin.

Selain itu, pada kegiatan dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumut Feri mulia Siagian itu, Aswin mengapresiasi kinerja Bawaslu kabupaten/kota dalam melakukan pengawasan.

“Tahapan saat ini yaitu rekrutmen Panwascam, dan saudara-saudara sudah melakukan pengawasan secara melekat pada rekrutmen PPK di KPU kabupaten/kota. Saya sangat mengapresiasi kinerja pengawasan yang dilakukan,” ungkap Aswin.

Aswin pun berharap rangkaian kegiatan itu dapat mempersatukan semangat dan kerja sama sebagai bagian dari tim work yang solid. Hal itu bagian dari persiapan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada serentak mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumut Feri Mulia Siagian berharap, kegiatan itu dapat terselenggara dengan baik. Apalagi, sebutnya, ketua Bawaslu menekankan solidaritas terbangun di antara pengawas.

“Keberadaan Bawaslu yang kuat dan berkualitas menjadi penting dalam membangun integritas dan transparansi pada proses Pemilu dan Pilkada,” tegas Feri.

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan itu Rektor Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Muhammad Darwis. Ia menyampaikan materi tentang pengembangan lapasitas kelembagaan dan evaluasi kebijakan pengawas Pemilu bagi Bawaslu.

Turut hadir dalam kegiatan itu Anggota Bawaslu Sumut Johan Alamsyah, Payung Harahap, dan Joko Arif Budiono. Hadir juga bupati Tapsel diwakili Asisten 1 Hamdan Zein Harahap, Kapolres Yasir Ahmadi, Kejari diwakili Siti Widya Harahap, Dandim 0212 Tapsel diwakili Danramil Letda Inf pargarutan.

Di tempat terpisah, Anggota Bawaslu Sumut Saut Boang Manalu yang juga Kordiv Humas dan Datin menyampaikan harapannya pada kegiatan ini.

Menurutnya kegiatan yang menjaring kebersamaan seperti ini menjadi penting karena akan menambah hubungan emosional di antara sesama.

Saud berharap tugas-tugas menjadi mudah untuk dikoordinasikan ke jajaran. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *