Bawaslu Sumut: Datin Perkuat Lembaga dan Manajemen Pengelolaannya

  • Bagikan
Berita Sore/ist Bawaslu Sumut menggelar rapat konsolidasi pengelolaan dan pelayanan data dan informasi Pemilihan Umum 2024 di Hotel Grand Antares.

MEDAN (Berita): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Konsolidasi Pengelolaan dan Pelayanan Data dan Informasi Pemilihan Umum 2024 di Hotel Grand Antares.

“Data dan Informasi atau Datin itu merupakan kata kunci yang bisa digunakan untuk memperkuat lembaga khususnya dalam menghadapi Pilkada,” kata Koordinator Divisi Hukum, Humas, Datin Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, Selasa (21/5/2024).

Saut menuturkan, rapat konsolidasi itu diadakan sehubungan telah berakhirnya tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 yang keseluruhan prosesnya menjadi data.

Saat membuka acara digelar pada 17 – 19 Mei 2024, Saut Saut Boangmanalu mengatakan mengelola dan melakukan pendataan yang menjadi aset dapat diakses kapan saja dengan mudah.

“Ini akan dilakukan ke depannya,” ucapnya.

Ia menyebut ada beberapa hal tujuan dari kegiatan ini. Pertama, pendataan dan pengolaan data dan informasi yang nantinya akan dijadikan basis data untuk kabupaten/kota pada setiap tahapan. Itu akan disusun konsepnya bagaimana bentuk dan penyimpanan data tersebut.

Kedua, memberikan pelayanan kebutuhan data dan informasi kepada publik, media, stackholder terkait penguatan-penguatan gerakan Bawaslu kedepan. Ketiga, pengelolaan data untuk membangun citra positif lembaga.

“Harapannya, terkait penyimpanan data akan dipersiapkan anggarannya, bagaimanna sistem pengelolaan akan sebagai sumber program,” katanya.

Kegiatan diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara itu menghadirkan narasumber, antara lain Dr Hisar Siregar SH MH, Syafrida R Rasahan, Artur Simanungkalit dan Halimatussakdiah. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *