Bawaslu Sumut Beberkan Strategi Pengawasan Pemilu 2024 ke Peserta PKDN Sespimti Polri

  • Bagikan
Berita Sore/ist Jajaran pimpinan Bawaslu Provinsi Sumut bersama Sespimti Polri 2024 di ruang rapat kantor Bawaslu Provinsi Sumut, Jalan Haji Adam Malik Medan.

MEDAN (Berita): Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan peserta Praktek Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri 2024 di ruang rapat kantor Bawaslu Provinsi Sumut, Jalan Haji Adam Malik, Medan, Selasa (23/4/2024).

Johan Alamsyah sebagai Kordiv Penanganan Pelanggaran menyampaikan strategi aman dan lancar pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Salah satunya, yaitu bersinergi dengan semua pihak di Sumut, termasuk Polri dan TNI dalam melakukan antisipasi potensi gangguan Kamtibmas yang tergabung dalam sentra Gakkumdu serta menyampaikan beberapa tugas, pokok dan fungsi Divisi Penanganan Pelanggaran yang melakukan fungsi.

Tugas tersebut yaitu penerimaan laporan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan;
Penanganan tindak pidana Pemilu dan tindak pidana Pemilihan; Pengadministrasian dan fasilitasi Gakkumdu Provinsi; Pengkajian dan tindak lanjut laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan;Penanganan pelanggaran administratif Pemilu.

“Alhamdulillah, Pemilu lalu berjalan aman dan lancar, kita bersinergi dengan Polri, TNI dan pihak lain terkait dalam mengantisipasi setiap potensi gangguan kamtibnas,” kata Johan Alamsyah.

Mengingat jumlah penduduk Sumut yang cukup besar dan wilayah yang cukup luas, maka antisipasi dan membangun hubungan baiak lewat koordinasi ke setiap pemangku kepentingan diperlukan.

“Situasi Kamtibmas kondusif dapat berubah setiap saat. Kejadian di satu tempat bisa jadi pemicu di tempat lain. Hal-hal seperti ini yang harus kami hadapi, dan saya kontrol ke setiap jajaran,” kata Johan.

Payung Harahap sebagai Kordiv Hukum, Pendidikan dan Pelatihan menyampaikan, di beberapa TPS, Bawaslu Kab/Kota, pihaknya merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 23 TPS di enam kab/kota di Sumut. Selain itu juga Penghitungan Suara Ulang di lima TPS yang tersebar di dua kabupaten/kota.

“Kita perintahkan untuk penghitungan ulang,” ucap Payung.

Tema kegiatan PKDN kali ini berkaitan dengan Pengawasan Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Karena itu, menurut Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri Martinus Sitompul yang sekaligus sebagai ketua tim.

Kegiatan ini juga menjadi perhatian yang baik dari Kordiv Humas dan Datin Saut Boangmanalu. Ini sebagai wujud paradigma baru kehumasan Bawaslu Sumut yakni keterbukaan informasi publik dan transparansi penanganan pelanggaran, serta merangkul keseluruhan partisipasi warga menjadi salah satu kata kunci suksesnya pesta demokrasi.

“Bawaslu Sumut akan terus berbenah dan menata jajaran sehingga ke depan selalu akan bisa bertumbuh dalam memberikan pelayanan yang baik. Kita berharap kerja sama kehumasan juga akan menjadi perhatian penting kedepannya diantara kedua lembaga ini,” kata Saut.

Acara yang cukup dinamis, dibuka dengan banyaknya pertanyaan dari peserta. Turut hadir Kepala Sekretariat Bawaslu Sumut Feri Mulia Siagian.(aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *