Bank Sumut Buka Penukaran Uang Pecah di Lapangan Benteng

  • Bagikan
Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Bank Sumut Arieta Ariyanti (kanan) di mobil kas keliling Bank Sumut yang melayani penukaranuang pecahan kecil di lapangan Benteng Medan kemarin. beritasore/Laswie wakid

MEDAN (Berita): Bank Sumut kembali ikut melaksanakan penukaran uang rupiah pecahan kecil di Lapangan Benteng Medan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara sejak 3-18 April 2023.

Terhitung sudah tiga tahun BI tidak melaksanakan penukaran uang pecahan kecil di lapangan terbuka karena pandemi Covid-19.

Dalam hajatan itu, BI mengajak Perbankan yang ada di Sumut untuk menyiapkan mobil kas kelilingnya seperti biasa tahun sebelum Covid-19 digelar yakni di Lapangan Benteng Medan.

Bank Sumut tetap berpartisipasi untuk menyiapkan mobil kas keliling di sana guna memudahkan masyarakat dalam menukar uang pecahan kecil buat berlebaran.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Bank Sumut Arieta Ariyanti kepada wartawan Sabtu (8/4/2023) mengatakan jelang Lebaran tahun 2023 Bank Sumut ikut menggelar mobil kas keliling di Lapangan Benteng, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk penukaran itu Bank Sumut menyiapkan stok uang rupiah pecahan sebanyak Rp 380 juta per hari.

“Selama periode penukaran inikan, sampai tanggal 18 April, itu per hari itu 380 juta, di mobil kas keliling. Kalau di kantor cabang, mengikuti limit di kantor cabang masing-masing,” katanya.

Ia menyebut persediaan uang tunai di Bank Sumut untuk kebutuhan lebaran sebanyak Rp1,6-1,8 triliun. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan lebaran, baik itu penukaran ataupun penarikan uang.

“Kita sangat dukung kegiatan yang digelar oleh Bank Indonesia ini, sebab seharusnya kegiatan ini dilakukan sebagai event tahunan dalam menyambut Lebaran, namun tahun pertama perbankan lakukan penukaran setelah masa covid-19,” ujarnya.

Arieta berharap dengan difasilitasinya kegiatan ini tentunya masyarakat mempunyai tempat yang gampang untuk penukaran uang.

Sehingga masyarakat tidak perlu menukarkan uang di tempat tempat yang bukan dipilih oleh BI.

Sedangkan untuk layanan penukaran uang di Bank Sumut ada 6 tempat yakni, di Jalan Imam Bonjol, Universitas Sumatera Utara, Kampung Lalang, Tembungdan Pulo Brayan dan tentunya Lapangan Benteng. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *