Wisman Sumut Penting Bagi Malaysia

  • Bagikan
MEDAN (Berita): Wisatawan mancanegara (wisman) dari Medan, utamanya Sumatera Utara merupakan potensi besar bagi Malaysia sehingga pilihan yang tepat untuk menghadirkan Roadshow ke Medan hari ini, Kamis (3/8).
   “Kita ajak wisman Sumut untuk datang ke Malaysia melalui travel agen. Sebab wisman dari Sumatera Utara khususnya Medan merupakan potensi besar dan cukup penting bagi Malaysia,” tegas Muhammad Zaki Talib, Timbalan Pengarah Bahagian Promosi Antarabangsa (ASEAN), Tourism Malaysia.
  Zaki berbicara mewakili Direktur Jenderal Tourism Malaysia Dato’ Dr Ammar Abd. Ghapar yang juga selaku Ketua Delegasi Malaysia. Dalam Roadshow ini,  Delegasi Malaysia membawa sekitar 30 top agen travel dari Persatuan agen-agen Pelancongan dan Pengembaraan Malaysia (MATTA). Juga turut hadir menyertai misi kali ini beberapa wakil dari badan pelancongan negeri termasuk Malaysia My Second Home (MM2H), Homestay, Sepang International Circuit (SIC) dan Batik Air .
    Selain sesi B2B, pengisian acara Roadshow ke Indonesia juga mengadakan program networking termasuk majlis makan malam yang turut dihadiri oleh ketua-ketua Asosiasi Pariwisata di Sumatera Utara seperti ASITA, ASTINDO, ASPPI dan AMPHURI serta kunjungan hormat dan perbincangan bersama Kepala Dinas Pariwisata kota Medan.
    Zaki menambahkan Tourism Malaysia bersama Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA) hari ini mengadakan Roadshow ke Indonesia secara resmi dengan mengunjungi tiga kota besar antara lain Balikpapan (31/7), Jakarta (1/8) dan Medan, Kamis (3/8).
   Kegiatan roadshow itu bertujuan untuk meningkatkan promosi produk dan paket pelancongan terkini Malaysia dengan mempertemukan pemain industri pelancongan Malaysia dan Indonesia dalam sesi Business to Business (B2B).
     Dato’ Dr. Ammar dalam teks sambutannya dibacakan Muhammad Zaki Talib mengatakan Indonesia adalah salah salah satu pasaran yang penting untuk sektor pelancongan di Malaysia, sebab kedekatan jarak, budaya serta kapasitas penerbangan antara kedua-dua negara yang dapat terus ditingkatkan lagi.
    Ia menyebut pada tahun 2022, Malaysia mencatatkan kedatangan wisman dari Indonesia sebanyak 1.481 juta pelancong. Jumlah itu teringgi kedua setelah  Singapura. Pada semester pertama tahun 2023, wisman Indonesia yang masuk ke Malaysia sudah mencapai 704,147 pelancong.
    Konsul Jenderal Malaysia Aiyub Omar  sangat mendukung acara ini. Ia menyatakan betapa pentingnya membangun kembali networking diantara kedua negara setelah pandemi. Roadshow ini selayaknya menjadi momentum untuk mengenalkan destinasi baru selain Kuala Lumpur dan Penang seperti Perak, Melaka, Perlis yang akan mengadakan Tahun Melawat Negeri.
  Selain itu diharapkan kepada para pelaku pariwisata untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas wisata lainnya di Malaysia seperti sport tourism, homestay, MM2H dan edu tourism.
   Roadshow itu juga dihadiri Rocky Kho Honorary Treasurer Malaysian Association of Tour & Travel (MATTA), Azhan Shafriman Hanif, CEO of Sepang International Circuit (SIC) dan Chan Hon Mun, Tourism Consul/Director Tourism Malaysia Medan.
   Lebih dari 60 top agen perjalanan Kota Medan hadir dan berinteraksi dengan pelaku-pelaku pariwisata Malaysia. Diharapkan dari kegiatan ini akan tercipta paket-paket wisata menarik yang akan dinikmati masyarakat Indonesia khususnya Medan, Sumatera Utara. (wie)
Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *