Warga Keluhkan Saluran Irigasi, Atika Imbau Jangan Buang Sampah Sembarangan

  • Bagikan
beritasore/Ist Wabup Madina Atika Azmi Utammi Nasution meninjau perbaikan saluran irigasi yang selama ini menjadi keluhan masyarakat di Pasar Lama Panyabungan I.

 

MADINA (Berita): Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utammi Nasution meninjau perbaikan saluran irigasi yang selama ini menjadi keluhan masyarakat di Pasar Lama Panyabungan I, Kec. Panyabungan, Madina, Senin (4/9).

Wabup Madina Atika Azmi didampingi Asisten II Setdakab Madina dr.Saripuddin, Kadis Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Elpiyanti Harahap, Kadis Perhubungan Adi Wardana, serta Kabid Kominfo Sobaruddin Nasution.

Atika dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ada dua peninjauan hari ini berhubungan air yakni saluran air di pasar lama dan Siphon di Aekpohon yang pengerjaannya sudah selesai dan berfungsi.

“Kita melihat seringnya banjir di Pasar Lama dan ini penyebabnnya akibat terjadinya pendangkalan dan penumpukan sampah sehingga bila musim hujan terjadinya banjir,” kata Atika.

Atika berharap masyarakat tidak membuang sampah ke saluran parit yang dapat menyebabkan banjir bila musim hujan. Menurutnya, ini harus dipahami bersama.

“Alhamdulillah siphon yang berada di jembatan Aekpohon Desa Pidolidolok selama ini rusak sudah selesai diperbaiki, ada dua saluran irigasi yang diperbaiki yakni saluran Lintas Timur dan Lintas Barat dan keduanya sudah berfungsi kembali dan kita berharap agar dimanfaatkan untuk keperluan pertanian,” sebut Atika.

Baca Juga:Bahaya Kebakaran Mencemaskan, Atika Imbau Waspadai Gunakan Listrik

Kepala Operasional PT.Jaya Kontruksi Hariadi menyampaikan perbaikan saluran irigasi ini dimulai dari jembatan Aek Mata sampai SPBU Pasar Baru Panyabungan di kedua sisi jalan.

“Panjang yang kita normalisasi ini ada 1200 meter, dan kita akan buat lubang dengan jarak empat meter dan ini berfungsi jika ada perbaikan dengan mudah diangkat. Sedangkan sidimennya saat ini sudah mendangkal dan ini sudah sangat parah,” katanya.

Hariadi berharap kepada pemerintah daerah agar rutin melakukan pembersihan dan berharap dukungan dari masyarakat agar tidak membuang sampah dalam saluran irigasi agar tidak terjadi banjir bila musim hujan.

Kadis PUPR Elpi Yanti Harahap, ST mengucapkan terima kasih kepada pihak PT.Jaya kontruksi semoga dengan diperbaikinnya saluran irigasi ini tidak lagi menyebabkan banjir jika musim hujan.(irh)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *