Usulan Kapoldasu Penerima Hoegeng Awards 2023 Memberi Sinyal Positif

  • Bagikan
Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si

MEDAN (Berita): Masuknya nama Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2023 memberikan sinyal bagi pelayanan Kamtibmas di Sumatera Utara pada tren positif.

Apalagi jika nantinya Kapolda Sumut tersebut benar-benar terpiliha sebagai penerima penghargaan tersebut.

Hal itu dikatakan Dr Dedi Sahputra, MA di Medan, Selasa (31/1) terkait pengusulan nama Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2023.

“Diusulkannya nama Kapolda Sumut sebagai penerima penghargaan tersebut merupakan indikasi adanya prestasinya dalam menjalankan tugas di daerah ini,” ujarnya seraya berharap Kapolda Sumut menjadi penerima penghargaan tersebut.

Menurutnya, usulan tersebut tentunya tidak dibuat dengan sembarangan tanpa memperhatikan faktor-faktor pendukung sebagai pertimbangan menerima award tersebut.

“Faktor-faktor pendukung ini tentunya adalah prestasi kerja dalam memberikan pelayanan Kamtibmas,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, nama-nama polisi yang diusulkan menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2023 terus bertambah. Hingga hari keempat, tercatat ada ratusan usulan yang masuk ke redaksi melalui formulir digital di http://dtk.id/hoegengawards2023. Nantinya, ratusan nama yang masuk ke redaksi itu akan divalidasi.

Data hari Senin (30/1/2023) hingga pukul 23.59 WIB, sudah ada 982 nama polisi yang diusulkan. Nama-nama polisi yang diusulkan mulai dari level Bhabinkamtibmas seperti Bhabinkamtibmas Polsek Bojong, Purwakarta, yakni Brigpol Koko Junaidi, hingga kapolda seperti Kapolda Sumut Irjen Pol RZ. Panca Putra Simanjuntak, M.Si.

Mereka diusulkan dalam lima kategori di Hoegeng Awards 2023, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Beragam cerita menyertai nama-nama personel polisi yang diusulkan, di antaranya polisi yang membantu kaum penyandang disabilitas hingga membantu masyarakat pedalaman. Ada juga nama polisi yang diusulkan karena inovasinya.

Dari ratusan nama polisi yang diusulkan tersebut, akan ada proses validasi di antaranya oleh Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 .

Ada lima orang tokoh masyarakat yang dilibatkan menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni, Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si., Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., anggota Kompolnas Poengky Indarti,S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM.

Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2023 akan diumumkan di acara penganugerahan pada 14 Juli 2023. Tanggal ini bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri ke-5 almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang menjadi inspirasi acara ini. (Ded)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *