Tanggul Jebol, 2.000 Ha Sawah Di Simangambat Terancam

  • Bagikan
Syukur Soripada Nasution, Camat Siabu Kab. Mandailing Natal.beritasore/ist

MADINA (Berita): Camat Siabu Kab. Mandailing Natal Syukur Soripada Nasution meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) segera menangani kerusakan jaringan irigasi.

“Kita berharap, tanaman padi masyarakat kita bisa tumbuh baik, tidak gagal panen,” ujar camat Siabu menjawab waspada.id dan beritasore.co.id melalui sambungan telepon seluler, Jumat (24/2).

Tanggul irigasi Batangangkola jebol, sampai saat ini 100 Ha lahan persawahan di Kel. Simangambat, Kec. Siabu, tidak bisa turun tanam musim ini dan 2.000 Ha terdampak.
beritasore/ist

 

Syukur Soripada Nasution mengungkapkan, akibat jebolnya tanggul irigasi Batangangkola sampai saat ini 100 Ha lahan persawahan di Kel. Simangambat, Kec. Siabu, tidak bisa turun tanam musim ini meliputi 170 KK dan terdampak 2.000 Ha.

Dijelaskannya, pihak kecamatan sudah melakukan survei ke lokasi akibat irigasi Batangangkola jebol beberapa hari lalu. Mereka melihat, dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) berjanji membantu memperjuangkan penderitaan petani Siabu dan petani Panyabungan sekitarnya, Kab. Mandailing Natal.

Petani Siabu dan petani Panyabungan menderita karena areal pertanian kekurangan air. Tentu saja, aktivitas bertani terganggu dan petani menderita.

Saluran irigasi Batangangkola di Desa Aekbadakjae, Kec. Sayurmatinggi Kab.Tapanuli Selatan jebol menghambat aktivitas petani di Kec Siabu.

Sedangkan sipon kanan irigasi Batanggadis di Madina amblas membawa imbas mengganggu aktivitas petani Panyabungan sekitarnya.

“Iya, itu kewenangan pusat. Gubsu harus lebih intens. Saya sebagai Wagubsu akan mengecek seperti apa suratnya.

Kalau anggaran untuk itu, kita tidak ada. Itu gewe-nya pusat,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah dicegat usai konsolidasi dengan DPD Partai Golkar Mandailing Natal di kantor Golkar di Kel Pidolidolok, Panyabungan, Kamis (23/2).

Kata Ijeck, dia sebagai Wagubsu akan mendorong untuk secepatnya diperbaiki ke pemerintah pusat, akan dicek dulu seperti apa suratnya. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *