Ribuan Rumah di Landa Banjir Di Kabupaten Serdang Bedagai

  • Bagikan
Terlihat lokasi banjir di Sei Rampah dan Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Sei Bamban,  Rabu (03/11/2021). Beritasore/Azwen
Terlihat lokasi banjir di Sei Rampah dan Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Sei Bamban,  Rabu (03/11/2021). Beritasore/Azwen

SERGAI (Berita) : Ribuan rumah di tiga Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai terendam air banjir,  Rabu,  (03/11).

Pantauan Wartawan Berita di tiga kecamatan, dan keterangan warga yang di himpun tadi malam dan siang ini,  air banjir debitnya semakin tinggi,  sehingga menggengi beberapa desa di tiga kecamatan.

Firman Hidayat,  Warga Dusun III Desa Sei Rampah, mengatakan tadi malam,  sekira jam 02.00 Wib,  debit air semakin naik,  rumahnya setinggi satu meter sudah di masuki air banjir dan pagi ini dia terpaksa mengungsi di tempat saudaranya.

Pagi tadi warga Dusun III yang di landa banjir melakukan pengutipan bantuan di pinggiran jalan lintas Sumatera,  tepatnya di peraimpangan Simpang Bedagai,  mereka di kordinir sakah satu STM di Dusun itu.

Keterangn Hamdan Rivai atau Amri Sebagai Ketua STM,  banjir ini sudah berulangkali terjadi,  tapi ini hari yang cukup parah dan ada bantuan dari istri Camat Sei Rampah,  namun tidak mencukupi untuk warga dan inilah kita lakukan pengutipan di jalan Lintas Sumatera.

Sementara pantauan di lokasi banjir di Kecamatan Sei Rampah,  hampir seluruh Dusun di Desa Sei Rampah di landa banjir dan yang parah di Dusun III, Jl Mesjid Jami,  Kp Mendeling arah Desa Pematang Ganjang,  Dusun I Jl Senangkong.

Dusun II Gang Kancil,  perbatasan Desa Sei Rejo, dan Dusun VII Kampung Pala tepatnya jalan Lintas Sumatera Sei Rampah,  Tanjung Beringin, air sudah menggenangi jalan lintas Provinsi Sumatera Utara.

Begitu juga di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai,  jalan lintas Provinsi tidak jauh dari Kantor Camat di Dusun I,  Dusun 2 dan Dusun 3 Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, sudah di genangi banjir dan di perkirakan ratusan rumah sudah tergenang oleh air banjir.

Sementara itu di Kecamatan Sei Bamban yang juga berbatasan dengan Desa Sei Rampah tepatnya di Peringgan Dusun V Desa Pon yang berbatasan juga dengan Desa Sei Bamban juga di landa banjir.

Banjir yang di sebabkan derasnya curah hujan di Kabupaten Serdang Bedagai dan hujan di hulu dari Kabupaten Simalungun,  cukup membuat beberapa kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai mengalami banjir dan juga di dukung aur laut pasang dari Kecamatan Tanjung Beringin Bedagai.

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) adah mendirikan beberapa posko bagi warga yang mengungsi dan juga meyiapkan makanan bagi para pengungsi.

Begitu juga warga dari STM maupun warga setempat menyiapkan posko-posko di lokasi yang tinggi dan dianggap aman dari banjir.

Tim medis dari Puskesmas Sei Rampah,  tueun kelokasi posko-posko untuk mengecek kesehatan warga,  tetapi sampai saat ini pihak Dinas Kesehatan Kabupaten belum ada mendirikan posko Khusus bagi korban banjir. (Azwen)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *