Ribuan Pawai Obor Semarakkan Tahun Baru Islam Di Madina

  • Bagikan
Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution memimpin pawai obor mengitari jantung Kota Panyabungan.beritasore/Ist

MADINA (Berita): Suasana semarak menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H di berbagai kawasan Kab. Mandailing Natal, Selasa (18/7) malam.

Pantauan waspada.id dan beritasore.co.id, semarak menyambut tahun baru Islam di 23 kecamatan di Madina.

Bahkan, Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution memimpin pawai obor ikut berbaur dengan Forkapimda dengan ribuan masyarakat. Pawai obor semarak di jantung Kota Panyabungan.

Terlihat, masyarakat Madina tumpah ruah di Panyabungan. Sedangkan pawai obor berkeliling di Kota Panyabungan. Ada 150 personel polisi dan 10 TNI mengatur kelancaran arus Lalin dan ketertiban.

Dari pasar, pawai obor bergerak memutar melewati Posko Porwakot di Taman Panyabungan, memutar kembali ke pasar.

Di tengah suasana pawai obor, Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution mengungkapkan, Islam itu damai dan indah.

“Dengan obor ini, habis gelap terbitlah terang. Mari kita tunjukkan damai dan indah. Allahu Akbar,” ujar Sukhairi.

Suasana semarak menyambut tahun baru Islam 1445 di Kec. Siabu, Kab. Madina.beritasore/Ist

 

Semarak Di Siabu

Suasana semarak menyambut tahun baru Islam di Kec. Siabu, Kab. Madina. Ribuan warga tumpah di Kec. Siabu, menghiasi di sepanjang jalan protokol jalan Medan-Padang dengan memegang obor masing-masing

Peserta pawai obor dilepas langsung Camat Siabu Syukur Soripada Nasution di gerbang Kantor Camat Siabu, Selasa (18/7) malam.

Pawai obor digerakkan Karang Taruna Kec. Siabu beserta musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Siabu berlangsung lancar dan aman. Peserta pawai obor meliputi dari pelajar, kader Karang Taruna kecamatan dan desa serta masyarakat.

Sebelum pelepasan peserta pawai obor, Camat Siabu bersama Ketua Karang Taruna Ringgo Siregar S.Pd menyalakan obor secara simbolis dilanjutkan pawai obor dengan peserta.

Pawai obor menyusuri Kantor Camat Siabu hingga batas Desa Bonandolok, kemudian kembali lagi ke Kantor Camat Siabu.

Koramil 12 Siabu bersama Polsek Siabu ikut dalam pengawalan kegiatan tersebut dan diiringi ambulance serta standby mobil pemadam kebakaran.

Ringgo menuturkan, pawai obor menyambut tahun baru Islam adalah tradisi warga di kampungnya. Tak hanya saat perayaan tahun baru Islam, pawai obor ini sudah lama terlaksana dari tahun ke tahun di malam 1 Muharram. (irh)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *