Pemkab Sergai – PT. Socfindo Sinergi Bangun Sektor Pertanian Salurkan CSR.

  • Bagikan
Teks foto:Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya di dampingi Manager II PT Socfindo Grup, Erikson Ginting, di saat penyerahan bantun CSR kepada Gapoktan di sekitar Perkebunan, Socfindo, Selasa,1-8-2023(beritasore-Azwen)
Teks foto:Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya di dampingi Manager II PT Socfindo Grup, Erikson Ginting, di saat penyerahan bantun CSR kepada Gapoktan di sekitar Perkebunan, Socfindo, Selasa,1-8-2023(beritasore-Azwen)

 

SERGAI(Berita): Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, dan pihak PT. Socfindo melakukan penyerahan pupuk NPK sebanyak 89 Ton kepada 12 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Serdang Bedagai, di Kantor Kepala Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (1/8).

Penyerahan pupuk ke Gapoktan yang menerima bantuan untuk mengelola lahan seluas 1.786 Ha di hadiri Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya, Kepala Dinas Pertanian, Dedi Iskandar, Perwakilan PT Socfindo Grup, Manager II, Erikson Ginting dan Ketua Gapoktan beserta anggota.

Bupati Darma Wijaya, mengatakan, harii ini, bantuan pupuk NPK tersebut diserahkan oleh pihak Socfindo secara simbolis kepada Gapoktan yang berasal dari wilayah Matapao, Bangun Bandar, dan Tanah Besih,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, pupuk merupakan bagian penting dalam proses produksi petani dengan hadirnya bantuan ini, dirinya berharap para petani diringankan sekaligus dapat memanfaatkan penggunaannya semaksimal mungkin.

Bupati juga menyebut, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PT. Socfindo yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasionalnya.

Apa yang kita saksikan hari ini merupakan bentuk sinergi dan simbiosis positif antara perusahaan dan masyarakat. Untuk membangun sebuah daerah, tidak bisa hanya mengandalkan upaya satu pihak, tapi diperlukan kerja sama yang erat. Perusahaan memberi manfaat dan kepedulian kepada masyarakat dan di saat yang sama masyarakat juga mendorong dan mendukungan perusahaan, kata Darma Wijaya.

Ia menyebut, ada banyak hal yang bisa dijajaki untuk mewujudkan sinergi antara perusahaan dan masyarakat.
Contohnya saja warga sekitar perusahaan dapat membantu menghindari aktivitas yang merugikan perusahan seperti pencurian hasil kebun, sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan hasil kebun dan pada akhirnya dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana tanggung jawab sosial perusahaan yang nantinya disalurkan akan meningkat.

Hal ini juga akan berdampak pada bertambahnya Pendapatan 4sli Daerah (PAD) yang diterima oleh pemerintah daerah sangat berguna dalam pembangunan, Sinergi ini pada akhirnya menguntungkan semua pihak,” tandasnya.

Sementara itu mewakili PT Socfindo, Group Manager II Erikson Ginting, menyebut bantuan yang pihaknya berikan merupakan upaya untuk memajukan sektor per tanian di Kabupaten Serdang Bedagai.

Pemberian bantuan ini, kata Manager II Erikson Ginting, dari PT Socfindo Kebun Matapao, Kabun Bangun Bandar, dan Tanah Besih, totalnya ada sekitar 1.417 petani yang tergabung dalam pemberian bantuan ini,” ucapnya.

Ia merinci, 89 ton pupuk tersebut 26.450 kg di antaranya diberikan kepada 3 kelompok tani dari Kebun Matapao dengan jumlah 226 petani, Kebun Bangun Bandar 47.050 kg yang terbagi untuk 4 Gapoktan dengan jumlah petani 729 dan terakhir Kebun Tanah Besih 15.800 kg disebar kepada 1 gapoktan dan 4 kelompok tani dengan total 462 petani.ungkap Ginting.(Azw)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *