Jalan “Kupak-kapik” Maga-Tanobato Diperbaiki DAK Dan CSR PT SMGP

  • Bagikan

MADINA (Berita): Jalan kupak-kapik menghubungkan Maga-Tanobato, Kec. Panyabubgan Selatan, Kab. Mandailing Natal , dibangun menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) dan CSR PT SMGP Rp2,5 miliar.

Dikonfirmasi waspada.id dan beritasore.co.id, Senin (29/8), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Madina Elpi Yanti Harahap, ST membenarkan, rencana pembangunan ruas jalan menghubungkan Maga-Tanobato sekira 9 km.

“Rencananya, kita lakukan survei, kita ajukan ke PT SMGP untuk permohonan dibantu bangun bronjong. Jika tidak terpenuhi, kita masukkan dalam volume tahun depan. Ada
dua mata anggaran, ada DAK dan CSR PT SMGP Rp2,5 miliar,” ujar Elpi.

Tentu saja, sejumlah warga bersyukur jalan rusak ini akan dibangun, diharap akan menggerakkan roda perekonomian di daerah ini dan memperlancar aktivitas masyarakat sekitar.

Kadis PUPR Madina mengungkapkan, ada sembilan ruas jalan di Madina akan dibangun, yakni Aekgodang-Hutabargot,
Maga-Tanobato, Padangkemuning-Barbaran,Panggautan sikarakara1, Simpang Siobon-Aekmata,
Usulan DPR RILaru panjaringan
Simpang Pagur-Bandarlancat, Sabadolok Raoraodolok, Bukitmas Kubangan Tompek.

“Ada dua sistem pengusulannya, yakni Dinas PUPR Madina melalui surat Pak Bupati ke pusat yg ditampung dalam aspirasi DPR RI,
sumber dana DAK bidang jalan 2024,” ujar Elpi.

Dijelaskann, awalnya dapat empat ruas saja. “Saya jumpai teman-teman di kemennterian, disarankan buat usulan tambahan tapi nanti masuk ke aspirasi DPR RI,” ujarnya.

Saya jumpai lagi teman, lanjut Elpi, untuk bisa dipertemukan dengan DPR RI komisi 9 sebahai mitra PUPR dan Bappenas. “Alhamdulillah, masuk lima ruas jalan lagi,” ujar Elpi Yanti Harahap.

“Mereka bukan tidak bangun, ya, saya bukan membela PT SMGP, tapi kan proporsional. Bukan seenak kita bilang aja begini begitu, saya rasa bersyukur, Alhamdulillah, adalah solusi paling tepat untuk setiap nikmat yang Allah berikan,” tambah Elpi.

Presiden Ikatan Pemuda Mandailing (IPM) Tan Gozali Nasution, yang dikenal sangat getol mendorong PT SMGP memperbaiki jalan rusak ini, mengungkapkan, jalan Maga-Tanobato 9 Km seharusnya dibangun PT SMGP sesuai janji mereka di Jakarta di muka wnggota DPR RI Komisi VII RI Adian Napitupulu dan Pemda, karena kerusakan parah jalan ini tidak terlepas dari jalur lewat pengangkutan barang dan kebutuhan pembangunan PT SMGP.

“Kalau hanya Rp2,5 miliar berarti hanya berkisar 2 km saja, belum lagi kerusakan jalan lingkar kabupaten arah Hutalombang – Andel, Hutatinggi, Hutanamale dan Hutabaringin, Sibanggortonga-Sibanggorjulu sekira 5 km, seharusnya menjadi tanggung jawab PT SMGP.

Menurut Tan, DAK sebaiknya dialokasikan
ke daerah lain seperti Aekgodang – Aekbanir dan Tambanganjae.

“Itu, memudahkan akses dari Panyabungan ke wilayah Kecamatan Tambangan bariba Batanggadis dan objek wisata lubuk larangan Tambanganjae,” ujar Presiden IPM Tan Gozali Nasution. (irh)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *