Diskop​ Dan UKM Aceh Bergerak Cepat Membantu KUMKM Dan Masyarakat

  • Bagikan
Kadiskop​ dan UKM Aceh Dr Wildan MPd.Berita Sore/H. Marwan Muhammad
Kadiskop​ dan UKM Aceh Dr Wildan MPd.Berita Sore/H. Marwan Muhammad


BANDA ACEH (Berita) : Penyebaran virus corona (Covid-19) di Aceh telah turut memberi dampak pada berbagai sektor termasuk sektor koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM).

Untuk membantu KUMKM menjual produknya di masa wabah ini Dinas Koperasi dan UKM Aceh mengambil langkah cepat mengaktifkan website​ acehsale.co.id​ sebagai media promosi dan penjualan. Masyarakat bisa terhubung langsung dengan KUMKM dengan mengakses​ acehsale.co.id​ yang bisa dipilih produknya berdasarkan kabupaten/kota juga.​

Masyarakat berbelanja kebutuhan cukup dengan menghubungi KUMKM di website dan dapat dikirimkan langsung melalui ojol atau apapun yang memungkinkan di masa-masa kita diharuskan stay at home.

Aktivasi web ini dilakukan pada 1 April 2020 di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Aceh oleh kepala dinasnya, Dr Wildan MPd didampingi sejumlah kepala bidang, kepala seksi, dan staf di dinas tersebut.

“Silakan akses laman tersebut untuk keperluan jual beli produk koperasi dan UMKM, terutama dalam masa menghadapi Covid-19 ini,” kata Wildan di Banda Aceh, Kamis (2/4/2020) pagi.

Menurutnya, web tersebut dinamakan Website Aceh Sale yang sebetulnya sudah diluncurkan pada 18 Februari 2019 dalam rangka menyongsong promosi dan penjualan produk lokal di era Revolusi Industri 4.0.

“Saat dilaunching web tersebut diberi nama Website Aceh Sale PLUT Aceh. Namun, setelah beberapa bulan berjalan tidak aktif lagi, sehingga pada 1 April 2020 itu diaktifkan kembali oleh Wildan selaku kepala dinas yang baru. Namanya pun disederhanakan menjadi Web Aceh Sale saja,” katanya.

Ditambahkannya, Urgensi web ini dinilai Wildan semakin relevan karena di saat masyarakat dunia menyongsong era Revolusi Industri 4.0, tiba-tiba terjadi turbulensi ekonomi akibat mewabahnya virus corona.​

Hal ini​ juga, katanya, termasuk dalam quick win dalam rencana induk Aceh Smart Province dengan membantu KUMKM dalam pemasarannya, yang kedepannya akan di integrasikan dengan Layanan aplikasi Sistem keuangan koperasi syariah yang memungkinkan membantu permodalan bagi UMKM yang sistem tersebut sedang dikembangkan di Dinas Koperasi dan UKM Aceh dan pastinya juga ke depan akan diarahkan dengan sistem pembayaran non tunai yang sedang digalakan oleh Bank Indonesia menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) yang dapat menerima seluruh pembayaran e-cash​

Saat ini juga Dinas Koperasi dan​ UKM Aceh melalukan beberapa strategi dan pendampingan untuk KUMKM yang​ dilakukan secara​ online, pendataan KUMKM yang terdampak​ Covid-19​ dan menindaklanjuti dengan respon cepat.​ ​ Terlihat dari grup WA dalam 2 minggu ini sangat aktif memberikan pendampingan dan koordinasi dengan berbagai mitra.

Lalu, tambah Wildan lagi, untuk mengantisipasi penularan virus corona, masyarakat diimbau untuk mempraktikkan ‘social distancing’, jaga jarak, kurangi interaksi dengan kerumunan, dan dianjurkan bekerja dari rumah.

“Hal yang sama juga berlaku bagi kelompok pelaku usaha demi memutus rantai penularan virus corona. Antara penjual dan pembeli sebaiknya tidak bertemu langsung untuk sementara waktu.” Pungkasnya.​ (mm)

Berikan Komentar
  • Bagikan